Analisis Biaya Produksi dalam Penetapan Harga Jual Sarung Sutra Mandar

Main Article Content

Nur Hasyiah Wahdah
Nuraisyiah
Samsinar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan perhitungan biaya produksi dalam penetapan harga jual pada industri kecil sarung sutra Mandar di Kecamatan Tinambung, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan utama menunjukkan bahwa perusahaan menetapkan harga jual berdasarkan harga pasar dan tidak melakukan perhitungan biaya produksi secara akurat, dengan mengabaikan komponen penting seperti biaya penyusutan, sehingga harga pokok produksi yang dihitung lebih rendah dan laba menjadi tidak maksimal. Hasil perbandingan dengan metode full costing dan variable costing membuktikan bahwa penerapan metode cost-plus pricing yang sistematis dapat menghasilkan harga jual yang lebih wajar dan laba yang lebih optimal. Meskipun terbatas pada satu studi kasus, penelitian ini memberikan nilai praktis yang signifikan sebagai panduan bagi industri kerajinan tradisional untuk meningkatkan profitabilitas dan nilai ekonomi warisan budaya melalui metode akuntansi biaya yang lebih terstruktur dan akurat.

Article Details

Section
Articles

References

Abdullah, T., & Tantri, F.,2019, Manajemen Pemasaran, PT. RajaGrafindo Persada, Depok

Anggreani, S., dan Adnyana, I. G. S. (2020). Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Full Costing Sebagai Dasar Penetsapan Harga Jual Pada Ukm Tahu Dan Anugrah. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, Hal. 9-16.

Ariyani, E., & Mustoffa, A. F. (2021). Penetapan Harga Jual Melalui Analisis Harga Pokok Produksi Pada Usaha Wedang WAROK. ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 5(2), 228-241.

Assauri, S. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ayuningsih, C. (2018). "Analisis Penentuan Harga Pokok Penjualan Produk Sampingan dan Perlakuan Akuntansinya pada Rice Mailing Unit (RMU) UD Putra RInjani Desa Karang Baru Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur 2017/2018.

Eku, S. et al., (2021). Analisis Biaya Pokok Produksi dalam Penetapan Harga Jual Produk. Jurnal akuntansi Multiparadigma Vol. 6, No. 2, Desember 2021. Hal 64-57.

Fatihudin, D. & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: DEEPUBLISH (CV Budi Utama).

Firdaus A. Dunia, Abdullah, W., Sasongko, C. (2019). Akuntansi Biaya (Edisi 5). Jakarta: Salemba Empat.

Firdaus A. Dunia, Sasongko, C. (2018). Akuntansi Biaya (Edisi 4). Jakarta: Salemba Empat

Halim, A. (2017). Pengelolaan Keuangan Daerah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Hardani., Dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Hidayati, L. N., & Sugiyono, S. (2018). Pengaruh harga, kepercayaan, keamanan, dan persepsi akan resiko terhadap keputusan pembelian sepatu Nike melalui instagram. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM).

Horngren, C. T., Datar, S. M., & Rajan, M. V. (2016). Cost Accounting: A Managerial Emphasis.

Ikawati, D. A. (2017). Penetapan Harga Jual Dengan Metode Cost Plus Pricing Pada Warung Sederhana 2 Jetis Kulon Surabaya. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 5(2), 1–21.

Kotller, P., & Keler, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi 15). Erlangga. Jakarta.

Lasut, T. (2015) “Analisis Biaya Produksi Dalam Rangka Penentuan Harga Jual Makanan Pada Rumah makan Ragey Poppy Di Tomohon”, Jurnal EMBA, Prodi Akuntansi FEB Universitas Sam Ratulangi Manado Vol. 3, No. 1.

Mulyadi. (2014). Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya (Edisi 5). Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Mulyadi. (2018). Akuntansi Biaya. Cetakan 15, 5. Yogyakarta: YKPN.

Muslim. (2018). Kajian Proses Pembuatan Motif Tradisional Sarung Sutra Mandar Menggunakan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin). Universitas Negeri Makassar.

Nadira. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pengrajin Dalam Menenun Sarung Sutra Lipa’sa’be Khas Mandar Di Kecamatan Limboro Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi Program Sarjana. Makassar: Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

Noviasari, E., & Alamsyah, R. (2020). Peranan Perhitungan Harga Pokok Produksi Pendekatan Full Costing Dalam Menentukan Harga Jual Dengan Metode Cost Plus Pricing: Studi Kasus pada UMKM Sepatu Heriyanto. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 8(1), 17-26.

Nurwapika. (2020). Tradisi Manette Lipa Sa’be Mandar Di Desa Karama Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. S1 Thesis, Universitas Negeri Makassar.

Pangestu, R. (2022). Analisi Biaya Produksi Dalam Menentukan Harga Jual Menggunakan Metode Full Costing Studi Kasus Pabrik Tahu Pak Agus Kota Metro (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Metro).

Purnama, D., Muchlis, S. (2019) “Harga Pokok Produksi Dalam Menentukan Harga Jual Melalui Metode Cost Plus Pricing Dengan Pendekatan Full Costing”, JRAK, UIN Alauddin Makassar, Vol. 10, No.1.

Purwanto, E. (2020). Analisis Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Full Costing Dalam Penetapan Harga Jual. Journal of Applied Managerial Accounting, 4(2), 248–253. https://doi.org/10.30871/jama.v4i2.2402

Rahim, A. (2018). "Teknik Tenun Tradisional Mandar dan Pengaruhnya pada Ekonomi Lokal." Jurnal Ekonomi Kerakyatan, 14(1), 34–42.

Salman, Riza, K. dan Farid, M. (2016). Akuntansi Manajemen: Alat Pengukuran dan Pengambilan Keputusan Manajerial. Jakarta: Indeks.

Soemarsono. (2017). "Strategi Penetapan Harga Jual yang Efektif dalam Industri Kecil" Jurnal Ekonomi, Vol. 3, No. 1

Stanton, W. J. (2017). Fundamentals of Marketing. McGraw-Hill.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit Alfabeta Bandung.

Sujarweni, V. W. (2015). Statistik untuk bisnis dan ekonomi.

Supriyono. (2016). Akuntansi Biaya: Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Jual. Yogyakarta: BPFE.

Sutrisno. (2018). "Analisis Biaya Produksi dalam Penetapan Harga Jual Produk Industri Kecil" Jurnal Manajemen, Vol. 5, No. 2

Tangdialla, R., & Pakanna, M. T. (2021). Analisis Penetapan Harga Pokok Produksi Pada Usaha Mebel (Studi Kasus Pada UD. Karya Bilal Di Kecamatan Tallunglipu Kabupaten Toraja Utara). Paulus Journal of Accounting (PJA), 2(2), 48-68.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). Strategi Pemasaran (edisi 5). Yogyakarta: Andi.

Widodo. (2019). "Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penetapan Harga Jual Produk Industri Kecil" Jurnal Manajemen Produksi, Vol. 7, No. 3.