Pengaruh Iklan, Pengalaman Pelanggan, dan Relationship Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh iklan, pengalaman pelanggan dan relationship marketing terhadap kepuasan pelanggan pada Havana Garden Cafe di Kabupaten Bireuen. Metode penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda dengan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Variabel Pengalaman Pelanggan tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Variabel Relationship Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Keterbatasan penelitian terletak pada keterbatasan wilayah dan pendekatan kuantitatif. Studi ini memberikan nilai orisinal pada konteks kepuasan pelanggan dengan menekankan pentingnya adopsi teknologi berupa iklan dan relationship marketing
Article Details
References
Affran, S., Dza, M., & Buckman, J. (2019). Empirical Conceptualization of Customer Loyalty on Relationship Marketing.pdf. Journal of Research in Marketing, 10(2), 798–806.
Dua Mea, M. H. C., & Laga, Y. (2021). Pengaruh Relationship Marketing, Suasana Kafe, Dan Kepuasan Pengunjung Terhadap Loyalitas Pelanggan Mokka Coffee Ende. Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis), 5(2), 131–139. https://doi.org/10.33005/mebis.v5i2.83.
Faizal Al Ghani, Irmawati. (2024). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Dan Celebrity Endorsement Terhadap Minat Pembelian Ulang Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen Pengguna Instagram (Studi Kasus Di Kabupaten Sukoharjo). Jurnal Bina Bangsa Ekonomika : Vol. 17, No. 2.
Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analysis Multivariate dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Langgeng Sri Handayani, R. Hidayat, (2022). Pengaruh kualitas Produk , Harga , dan Marketing Digital Terhadap Penjualan Produk MS Glow Beauty di Berbagai Jenis kosmetik untuk Pelanggan wanita dan Pria. Jurnal Ilmiah Ekonomi, 5(2), 135–145.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.