Pengaruh E-commerce, Digital Payment dan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Pengambilan Keputusan Finansial pada Usaha Menengah di Kota Makassar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-commerce, digital payment dan sistem informasi akuntansi terhadap pengambilan keputusan keuangan pada UMKM di Kota Makassar. Variabel yang digunakan meliputi e-commerce (X₁), digital payment (X₂), dan sistem informasi akuntansi (X₃) sebagai variabel independen, serta pengambilan keputusan finansial pada usaha menengah (Y) sebagai variabel dependen. Populasi penelitian ini adalah 13.277 usaha menengah yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang ditentukan melalui rumus Slovin. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS versi 29. Hasil analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = -0.118 + 0.446 X1 + 0.243 X2 + 0.328X3. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial (uji T) variabel e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan finansial pada usaha menengah, variabel digital payment berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan finansial pada usaha menengah dan variabel sistem informasi akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan finansial pada usaha menengah. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) e-commerce, digital payment dan sistem informasi akuntansi berpengaruh secara simultan terhadap pengambilan keputusan finansial pada usaha menengah serta hasil uji koefisien determinasi menunjukkan e-commerce, digital payment dan sistem informasi akuntansi memiliki pengaruh sebesar 0,791 atau 79,1%.
Article Details
References
Banun, R. (2020). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pendanaan pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Jurnal Ekonomi STIE PERBANAS. http://eprints.perbanas.ac.id/797/1/ARTIKEL%20ILMIAH.pdf
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. In Source: MIS Quarterly (Vol. 13, Issue 3).
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (1992). Information systems success: The quest for the dependent variable. Information Systems Research, 3(1), 60–95.
Dewi, M. K., Luh, N., & Widhiyani, S. (2020). The Influence of Self Efficacy, E-Commerce and Entrepreneurial Education in Decision Making for Entrepreneurs (Case Study of Accounting Major Students Faculty of Economics and Business, Udayana University). In International Journal of Management and Commerce Innovations (Vol. 8). www.researchpublish.com
Endaryati, E. (2021). Sistem Informasi Akuntansi. Yayasan Prima Agus Teknik.
Evita, U., Tripermata, L., & Anggraini, L. D. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Kemudahan Digital Payment dan Sikap Keuangan Pribadi Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM (Studi pada UMKM Kecamatan Alang-Alang Lebar Palembang) (Doctoral dissertation, Universitas Indo Global Mandiri).
Harto, B., Sofyan, H., & Nurhakim, T. F. (2024). Dampak Media Sosial Terhadap Pengambilan Keputusan Finansial Melalui Pendekatan Kualitatif dalam Industri Keuangan. KOMVERSAL, 6(1), 91-107.
https://doi.org/10.38204/komversal.v61l.1828
Indrayani, L., & Permadi, W. B. (2022). Pengaruh Orang Tua, Pengetahuan Keuangan dan Gaya Hidup Dalam Pola Pengambilan Keputusan Finansial Mahasiswa. Jurnal Ekonomi, Akuntansi, Manajemen Dan Bisnis, 5(4), 2615–3009. https://doi.org/10.37481/sjr.v5i4.579
Isal, M. A., & Sidik, R. M. (2023). Jeratan Social Commerce: Matinya Masa Depan UMKM di Indonesia Studi Kasus Tiktok Shop di Indonesia. Jurnal Commerce Law, 3(2), 77–93. https://doi.org/10.1111/aepr.12286
Istiqomah. (2020). Pemanfaatan E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akademi Kesejahteraan AKK Yogyakarta. Jurnal Socia Akademika, 6(2). https://aks-akk.e-journal.id/jsa/article/view/99/61
Jaya, U. A., & Raya, A. N. (2022). Pengaruh E-Commerce Dan Media Sosial Terhadap Penjualan UMKM Di Era Pandemi (Studi Kasus Desa Cibolang). Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2. https://doi.org/10.46306/vls.v2i1
Laudon, K. C. ., & Laudon, J. P. . (2014). Management information systems : managing the digital firm. Pearson Education.
Mellani, A., & Putri, N. E. (2024). Sistem Pembayaran Nontunai Berbasis Digital di Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Perbankan Syariah Dan Ekonomi Islam, 2(1), 32–44. http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/aliqtishad
Nur, M. M., Sopanah, A., & Puspitosarie, E. (2023). Pengaruh Pemahaman Akuntansi, Sistem Informasi Akuntansi, dan Sistem Pengendalian Intern terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Jurnal RIset Akutansi Dan Perpajakan, 10, 48–58. https://doi.org/10.35838/jrap.2023.01
Putriyanti, A. I. N., Sangkala, M., & Anwar, A. (2024). Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kualitas Laporan Keuangan PT. Askrindo Cabang Makassar. Bongaya Journal of Research in Accounting, 7, 15–21. https://doi.org/10.37888/bjra.v7i2.523
Retnani, E. D. (2024). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Penjualan Pada Perusahaan Distributor Besi Dan Baja. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 13(1). https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/5708
Rizkiyah, K., Nurmayanti, L., Macdhy, R. D. N., & Yusuf, A. (2021). Pengaruh Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumen Pengguna Platform Digital Payment OVO. Jurnal Ilmiah Manajemen, 16(1), 107–126. https://doi.org/10.33369/insight.16.1.107-126
Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2019). Accounting Information Systems. Cenveo Publisher Services.
Sanaky, M. M., Saleh, L. M., & Titaley, H. D. (2021). Analisis Faktor-faktor Penyebab Keterlambatan pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama MAN 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2). http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/
Sihombing, M. J., & Sulistyo, H. (2021). Pengaruh e-commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha. http://sosains.greenvest.co.id
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (2nd ed.). CV. Alfabeta.
Suyanto. (2023). Mengenal Dompet Digital di Indonesia. CV. AA. Rizky.
Waziana, W., Herdiyan Saputra, R., Yolanda Sari, N., & Aulia, D. (2022). Pemanfaatan E-Commerce Shopee Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Ibu-Ibu PKK Pelaku Bisnis (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/10.32877/nr.v1i2.433
Yolanda, Y., & Dessyana, D. (2022). Pengaruh Fintech, Teknologi Infromasi, Dan E-Commerce Terhadap Kepuasan Financial Masyarakat Kota Medan. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 13(01), 271-280. https://doi.org/10.23887/jimat.v13i01.41020
Yusuf, M., Sutrisno, Putri, P. A. N., Asir, M., & Adi, C. P. (2022). Prospek Penggunaan E-Commerce Terhadap Profitabilitas Dan Kemudahan Pelayanan Konsumen: Literature Review (Vol. 30, Issue 1). http://