Pengaruh Sosial Media Visual Search, Virtual Technology dan Gamification terhadap Minat Beli

Main Article Content

Arya Guwardana Wehalo
Syofian
Veny Puspita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Sosial Media Visual Search, Virtual Technology, dan Gamification terhadap Minat Beli konsumen di platform Shopee, dengan Inovasi Digital sebagai variabel moderasi, pada mahasiswa Generasi Z di Kota Bengkulu. Fenomena meningkatnya penggunaan e-commerce di kalangan Gen Z, serta hadirnya fitur-fitur interaktif dan inovatif seperti pencarian visual, teknologi augmented reality, serta elemen permainan digital, menjadi dasar utama dilakukannya penelitian ini. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner yang dibagikan kepada 100 mahasiswa aktif dari berbagai perguruan tinggi di Kota Bengkulu, yang berada pada rentang usia Gen Z (1997–2012) dan merupakan pengguna aktif aplikasi Shopee. Data dianalisis Partial Least Square (PLS) melalui software SmartPLS 4. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi pemasaran digital yang lebih efektif dalam menjangkau konsumen muda berbasis teknologi. Implikasi praktisnya ditujukan kepada pengelola e-commerce seperti Shopee untuk terus berinovasi dalam menghadirkan fitur-fitur yang adaptif bagi konsumen Gen Z. Penelitian ini juga membuka peluang studi lanjutan pada konteks geografis yang lebih luas dan dengan pendekatan longitudinal untuk mengamati perubahan perilaku konsumen digital dari waktu ke waktu.

Article Details

Section
Articles

References

Adib, M. P. (2021). "Peran Elemen-Elemen Inti Organisasi Dalam Melakukan Transformasi Digital Di Ukm Fesyen (Studi Kasus Ukm Fesyen Yogyakarta Dan Klaten)." Jurnal Ekonomi/Tahun XXI, No.01 78-95.

Arikunto. (2019). "Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis." Jurnal Pendidikan Tambusai 7.3: 26320-26332.

Erwin Permana, D. S. (2024). Analisis Kepuasan Generasi Z Terhadap Layanan E-Commerce." Jurnal Ilmiah Ekonomi, Akuntansi, dan Pajak 1.2: 337-355.

Fauziyah, A. e. (2024). ""Analisis Perubahan Minat beli Generasi Z Di Era Digital Melalui Pendekatan Antropologi Sosial". Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 4(6), 131-140.

Hair, J. F. (2017). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) (3rd ed.). SAGE Publications.

Harto & Taufikurachman, 2. (2023). "Strategi Social Media Marketing Melalui Dukungan Teknologi Informasi dalam Kajian Kualitatif Pada UMKM Kota Bandung." Komversal 5.2: 244-261.

Haryanto, P. &. (2021). "Pengaruh Entrepreneurial Marketing dan Program Loyalty terhadap Loyalitas Pelanggan di E-Commerce dengan Customer Relationship Management sebagai Pemoderasi." eCo-Fin 6.2 (2024): 269-278.

Haryati, R. (2024). "Analisis Minat beli Online Generasi Z Studi Kasus Pada Pengguna Tiktok Di Kota Bandung." Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi 18.1.

Husein, U. (2013). "Metodelogi penelitian." Jakarta: PT Rajawali Prees.

Iswari, I. e. (2021). "Pengembangan Pemasaran Desa Batik Jetis Di Era Digital". Prapanca: Jurnal Abdimas, 1(1), 60-68.

Junaidi, R. S. (2019). "Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada UPTD Baltekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.".

Keller, K. d. (2016). "Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen." Jurnal Bisnis Terapan 1.01: 25-32.

Killa, Y. Y. (2019). "Bauran Pemasaran Dan Pengaruh Minat Beli Dalam Membeli Produk AICE Di UD. Stan Jaya Kelurahan Paupire Kecamatan Ende Tengah Kabupaten Ende." Ekspektasi: Jurnal Pendidikan Ekonomi 4.2: 75-80.

Kurniawan R, A. A. (2024). PT. Media Akademik Publisher Pengaruh Media Sosial Terhadap Kebiasaan Belanja Konsumen Bagi Generasi X Y Z.

Kusno, M. (2024). "Inovasi dan Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Indonesia dalam Menghadapi Transformasi Digital." Madinah: Jurnal Studi Islam 11.2: 208-225.

Khasannudin, M. D. R., & Mahendra, P. T. . (2025). Analisis Pengaruh Fasilitas dan Harga Terhadap Minat Beli. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(4), 251–264. https://doi.org/10.62421/jibema.v2i4.124

Mulawarman, M. N. (2017). "Perilaku pengguna media sosial beserta implikasinya ditinjau dari perspektif psikologi sosial terapan." Buletin Psikologi 25.1: 36-44.

Nadya. (2016). "Analisis strategi digital marketing di perusahaan Cipta Grafika." Jurnal Economina 2.8.

Nofitasari. (2020). "Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Dan Pribadi Terhadap Minat Beli Pada Pembelian Tempe Di Pasar Baru Tanjungpinang". Diss. Stie Pembangunan Tanjungpinang.

Nugroho. (2020). "Pengaruh media sosial terhadap pola komunikasi dan hubungan sosial dalam kalangan generasi Z." Sanskara Ilmu Sosial dan Humaniora 1.02: 85-94.

Nurbeti, N. (2019). "Analisis Minat Beli Terhadap Produk Bermerek Di Kalangan Masyarakat Kabanjahe: Studi Kasus Masyarakat Jalan Mesjid, Kelurahan Lau Cimba, Kabanjahe." Jurnal Ilmu Manajemen Methonomix 2.1 : 1-6.

Nurhadi, R. R. (2017). "Implementation Of Virtual Reality Technology As A Learning Media For Indonesian Language At Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan." Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan Sumber Daya Pertahanan 1.1.

Panjaitan, G. M. (2024). "Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Gen Z; Analisis Strategi Brand Awarness, Loyalitas, dan Organisasi Pemasaran." Jurnal Ilmu Multidisiplin 2.1 : 46-64.

Pratomo, A. (2018). Pengaruh Konsep Gamifikasi terhadap Tingkat Engagement. The Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal, 8(2), 63-74.

Regina, T. (2024). "Dampak Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z." Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis 13.1 : 50-57.

Ridho Syafrizal, A. P. (2024). "Pengaruh Strategi Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret dan Alfamart Di Kawasan UNIMED." Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce 3.2 : 356-369.

Rimelda Sibuea, A. S. (2021). "Analisis langkah-langkah pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar menurut para ahli." Journal of Basic Education Studies 4.1 : 2344-2358.

Rumbik, F. E. (2024). Menguak Perilaku Konsumtif Generasi Z dalam Penggunaan Digital Payment dan Literasi Keuangan Berdasarkan Mental Accounting: Sebuah Studi Fenomenologi." Jurnal Akuntansi AKUNESA 12.2 : 163-171.

Sabila, D. (2019). Indrapura, Putri Fauziah Sri, and Uus Mohammad Darul Fadli. "Analisis strategi digital marketing di perusahaan Cipta Grafika." Jurnal Economina 2.8 : 1970-1978.

Sadikin, A. M. (2020). "Pengantar manajemen dan bisnis." Jurnal (Online): UIN Antasari Banjarmasin, 2017.

Sanjaya, W. (2015). Kartika, Ririn Eka. "Implementasi konsep pendidikan john dewey pada mata pelajaran agama islam (pendekatan kontekstual).".

Sarhan, S. (2024). "Pengaruh Gamifikasi Terhadap Keterlibatan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan pada E-Commerce Shopee." Prosiding Seminar NasIonal Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan dan Riset Ilmu Sosial. Vol. 1. No. 1.

Sugiyono. (2018). Rukajat, Ajat. "Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach.".

Sugiyono. (2018). "Analisa pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode kuantitatif pada CV. Meubele Berkah Tangerang." Indonesian journal on software engineering (IJSE) 5.1 : 19-28.

Utamanyu, R. A. (2022). "Budaya belanja online generasi z dan generasi milenial di Jawa Tengah (Studi kasus produk kecantikan di online shop Beauty by ASAME)." Scriptura 12.1: 58-71.