Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kualitas Layanan Digital Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Di Lazada Pada Gen-Z Kota Batam
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi digital yang pesat telah memengaruhi perilaku konsumen, khususnya Generasi Z, dalam memilih platform e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, kualitas layanan digital, dan kemudahan transaksi terhadap keputusan pembelian pengguna aplikasi Lazada di kalangan Gen-Z di Kota Batam. Menggunakan metode kuantitatif, data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden berusia 18–29 tahun yang aktif menggunakan Lazada. Analisis dilakukan melalui uji validitas dan reliabilitas, regresi linier berganda, serta uji-T dan uji-F untuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ketiga variabel—persepsi kemudahan penggunaan, kualitas layanan digital, dan kemudahan transaksi—berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya inovasi dalam menciptakan pengalaman pengguna yang sederhana, responsif, dan efisien. Implikasi dari studi ini dapat dimanfaatkan sebagai strategi pengembangan fitur dan layanan Lazada agar lebih sesuai dengan preferensi Gen-Z sebagai generasi digital native.
Article Details
References
Alfiatun, N. N., & Adji, W. H. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Digital terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Shopee Food di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1206–1214.
Algusri, J., Magdalena, M., Misral, M., Karimi, K., & Diva Darmawani, R. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Manfaat Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 13(2), 222–231. https://doi.org/10.37859/jae.v13i2.5915
Aprilia, I. E., Putri, A. B., & Sanusi, A. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Warung Mie Aceh Jamboe Raya Bandar Lampung. Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya, 1, 249–267.
Asih, E. M. (n.d.). Analisis pada Shopee sebagai E-Commerce Terpopuler di Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis Antartika, 2, 2024–2073. www.mckinsey.com,
Asnawati, Nadir, M., Wardhani, W., & Setini, M. (2022). The effects of perceived ease of use, electronic word of mouth and content marketing on purchase decision. International Journal of Data and Network Science, 6(1), 81–90. https://doi.org/10.5267/J.IJDNS.2021.10.001
ASTUTI, D. E. R. H. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Konsumen Dalam Menggunakan Dompet Digital.
Astuti, S., Wonua, A. R., & Titing, A. S. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiktok Shop. Journal of Management and Social Sciences (JIMAS)Journal of Management and Social Sciences (JIMAS), Vol.2(4), 147–161. https://journal-stiayappimakassar.ac.id/index.php/Jimas/article/download/664/690/1825
Bernovskis, A., Sceulovs, D., & Stibe, A. (2024). Society 5.0: Shaping the future of e-commerce. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 10(4), 100391. https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2024.100391
Cahyadi, universitas buddhi dharma. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Baja Ringan Di Pt Arthanindo Cemerlang. Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1, 60–73.
Cholis, N. R., Purbawati, D., & Listyorini, S. (2023). Pengaruh E-Service Quality Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian (Pengguna Layanan Gofood Mahasiswa Fisip Universitas Diponegoro Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 12(1), 266–275. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab
Gea, S. M. F., Harefa, P., Lase, H., & Ndraha, A. B. (2023). Pengaruh Sikap an Budaya Organisasi Terhadap Pelayanan Publik Pada Dinas Perikanan Kota Gunungsitoli. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 1208–1223. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6385%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/6385/4469
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haslindah, Tijjang, B., Ilahi, A. A. A., & Beddu, M. (2024). Pengaruh Word Of Mouth Dan Kemudahan Transaksi E-Commerce Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pada Generasi Milenial Di Kota Parepare. MANOR: Jurnal Manajemen Dan Organisasi Review, 6(1). https://doi.org/10.47354/mjo.v5il
Hawari, A. P., & Harahap, K. (2023). Pengaruh Promosi Dan Persepsi Kemudahan Dalam Penggunaan E-Wallet Shopeepay Terhadap Keputusan Pembelian Pada Masyarakat Kota Medan. Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen Indonesia, 2(01), 27–40. https://jurnal.seaninstitute.or.id/index.php/Juemi/article/view/90
Hayatun, U. (2023). Pengaruh Komunikasi, Disiplin Kerja dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Kinerja Karyawan PT Pegadaian (Persero) Cabang Bogor. In Repository GICI.
Jannah, Z. F. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Digital Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Bank Syariah Di Kabupaten Sragen. In Jurnal Pustakawan Indonesia (Vol. 18, Issue 1). http://eprints.iain-surakarta.ac.id/6422/1/skripsi_Zulyanatunnisa%27 F J_195231052.pdf
Khasanah, N., & Oktiani, N. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Konsumen Terhadap Kepuasan Layanan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(3), 223–233. https://doi.org/10.62421/jibema.v1i3.20
Le-Hoang, P. V. (2020). Factors affecting online purchase intention: the case of e-commerce on lazada. Independent Journal of Management & Production, 11(3), 1018–1033. https://doi.org/10.14807/ijmp.v11i3.1088
Luthfiani, F., & Sudiman, J. (2024). Pengaruh E- Service Quality Dan E-trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi PLN Mobile Kota Padang Panjang. 19(1).
Mawardani, F., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Promosi Cashback Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Menggunakan Dompet Digital Shopeepay Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1455–1463.
Munari, S. A. L. H., & Susanti. (2021). The Effect of Ease of Transaction, Digital Literacy, and Financial Literacy on The Use of E-Banking. Economic Education Analysis Journal, 10(2), 298–309. https://doi.org/10.15294/eeaj.v10i2.39335
Munawaroh, H. I. (2020). Pengaruh Promosi, Kemudahan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Sistem E-Commerce Shopee. In Etheses.Iainponorogo.Ac.Id.
Ningsih Wijaya, A., Hanik, U., Wulandari, W., Nabila, N., & Kustina, L. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Risiko dan Keamanan Terhadap Impulse Buying Pengguna Spaylater di Kabupaten Bekasi. GLOBAL: Jurnal Lentera BITEP, 2(01), 28–41. https://doi.org/10.59422/global.v2i01.185
Ningtiyas, A. W., Muslih, B., & Soedjoko, D. K. H. (2022). Analisis pengaruh e-service quality, e-trust dan harga terhadap keputusan pembelian di artee collection nganjuk. Simposium Manajemen Dan Bisnis I Prodi Manajemen FEB UNP Kediri Tahun 2022, 1(Vol. 1 (2022): Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis), 214–222. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/1820
Noviasari, H., Siregar, P. A., Martias, D., Mardiah, A., Paramitha, A., & Asrilsyak, S. (2024). The Effect of Promotion and Ease of Transaction on Purchase Decision at Shopee.co.id: A Case Study of University of Riau’s Economics and Business Students. International Journal of Religion, 5(11), 3880–3890. https://doi.org/10.61707/nqem2917
Nurchayati, N., Kristanto, A., Prasetyo, H. E., & Ikut, C. I. (2025). Pengaruh Promosi, Kemudahan Transaksi dan Kepercayaan Pada Pengguna Shopee Paylater Terhadap Keputusan Pembelian. Jesya, 8(1), 62–73. https://doi.org/10.36778/jesya.v8i1.1799
Pratama, R. A., Prasetyo, W. B., & Ramli, A. H. (2024). E-Service Quality, E-Trust, E-Satisfaction And E-Loyalty In Online Shopping. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(3). https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i3.2313
Puspita, D. A., & Astuti, S. R. T. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Promosi Penjualan, dan Kualitas Pelayanan Elektronik Terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Konsumen Tokopedia di Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 12(3), 1–12.
Rahmawati, A., & Ramli, A. H. (2024). E-Trust, Perceived Ease Of Use, E-Satisfaction And E-Loyalty For Users Of The Tiktok Shop Application. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 12(1), 279–294. https://doi.org/10.37641/jimkes.v12i1.2209
Ramadhan, D., Asri, H. R., Gisijanto, H. A., Hartanti, N. D., & Setyarini, E. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Digital Terhadap Keputusan Penggunaan QRIS pada Generasi Muda. Revenue: Lentera Bisnis Manajemen, 1(04), 162–170. https://doi.org/10.59422/lbm.v1i04.168
Roffialiyu Nabilawati. (2023). Pengaruh Masa Kerja, Pelatihan, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Kasus Karyawan PT Yamaha Indonesia) Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. In Metode Penelitian.
Rumagit, M., Tumbuan, W. A., Lintong, D. C., Febiola Rumagit, M., JFA Tumbuan, W., Lintong, D. C., Manajemen, J., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2022). the Influence of Ease of Use, Service Quality, and Promotion on Purchase Decisions Using Go-Food Services in Manado City. 2176 Jurnal EMBA, 10(4), 2176–2185.
Sa’adah, L. (2021). Statistik Inferensial. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah. https://books.google.co.id/books?id=o5kwEAAAQBAJ
Santika, E. F. (2024). Tingkat Penetrasi Internet Indonesia Capai 79,5% per 2024. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/04/12/tingkat-penetrasi-internet-indonesia-capai-795-per-2024
Saraswati, & Indriani. (2021). Effect E-Service Quality on Customer Satisfaction and Impact on Repurchasein Lazada Indonesia’s Online Selling in the City of Semarang. International Journal of Economics, Business and Accounting Research, 5(3), 1203–1215. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR
Sari, V. C., Handayani, J., & Santosa, T. B. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan, Bauran Pemasaran, Dan Persepsi Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(2), 109–128. https://doi.org/10.62421/jibema.v2i2.87
Sarwani, S., & Rohmah, F. S. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Marketplace Shopee Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 6(2), 83–99. https://doi.org/10.25139/jiabi.v6i2.4134
Sinaga, R., Simanihuruk, P., & Tamba, D. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Produk, Kualitas Informasi, Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashiononline Di Medan Melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus : Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Unika Santo Thomas ). Kumpulan Karya Ilmiah Manajemen, 2(2), 221–235.
Sindasari, ratih puspita. (2022). Pengaruh Kemudahan Transaksi Dan Pemahaman Tentang Riba Terhadap Keputusan Transaksi Tunda Bayar Shopee Paylater Pada Marketplace Shopee. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 12(2004), 6–25.
Sudariana, & Yoedani. (2022). Analisis Statistik Regresi Linier Berganda. Seniman Transaction, 2(2), 1–11.
Sudarmanto, E., & Adiwjaya, S. (n.d.). Pengaruh E-commerce dan Kemudahan Transaksi Terhadap Perubahan Pola Konsumsi Dalam Era Digital Di Indonesia. https://www.researchgate.net/publication/377804555
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tampubolon, E. P., Dewi, R. S., & Wijayanto, A. (2024). Pengaruh E-Service Quality, Online Customer Review Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Lazada Di Kota Semarang. In Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis (Vol. 13, Issue 1). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab
Ul Huda, I., Karsudjono, A. J., Darmawan, R., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Banjarmasin, P. (2024). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Jurnal Komunikasi Bisnis Dan Manajemen, 11(1).
Wayan, N., Mitariani, E., Wahyudi, A., Gama, S., & Widnyani, N. M. (2024). Brand Image and E-Service Quality ’ s Effect on Gen Z ’ s Repurchase Intention : The Mediating Role of E-Trust. 25, 11–24.
Wisnel, W., Wirdianto, E., & Cantika, T. (2022). Analysis of the Effect of E-Service Quality on E-Commerce Customer Satisfaction and Loyalty. MOTIVECTION : Journal of Mechanical, Electrical and Industrial Engineering, 4(3), 209–222. https://doi.org/10.46574/motivection.v4i3.145
Wulandari, R., & Miswanto, M. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Green Product. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 6(2). https://doi.org/10.24034/j25485024.y2022.v6.i2.5139
Wulandari, R., & Susanti, D. N. (2023). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Product Features dan Reference Group Terhadap Keputusan Penggunaan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 5(2), 199–211. https://doi.org/10.32639/jimmba.v5i2.442
Yoestini, M. I. (2023). Pengaruh Promosi, Kemudahan Penggunaan, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Online Marketplace (Studi pada Konsumen Tokopedia di Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal Of Management, 12(4), 1–13.
Yum, K., & Yoo, B. (2023). The Impact of Service Quality on Customer Loyalty through Customer Satisfaction in Mobile Social Media. Sustainability (Switzerland), 15(14). https://doi.org/10.3390/su151411214
Yurindera, N. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Online Customer Review serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian di Sayurbox. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 8(2), 143–150. https://doi.org/10.35870/jemsi.v8i2.833
Yustisia, C., & Setyarini, Y. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Laba Perusahaan Transportasi dan Logistik BEI 2018 – 2020. Jurnal Impresi Indonesia, 1(5), 512–527. https://doi.org/10.36418/jii.v1i5.62