Pengaruh Product Quality, Brand Image, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kacang Gangsar di Kota Batam

Main Article Content

Selly Marcella Agustin
Hikmah

Abstract

Di tengah persaingan bisnis yang semakin kompetitif, penerapanstrategi pemasaran yang tepat menjadi elemen penting untukmenarik perhatian konsumen dan mendorong keputusanpembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana pengaruh product quality, brand image, dan online customer review terhadap keputusan pembelian produk kacang Gangsar di kota Batam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode kuantitatif dengan analisis resgresi linier berganda. Populasi yang diteliti adalah konsumen yang membeli atauberminat untuk membeli produk kacang Gangsar di kota Batamyang tidak diketahui jumlah pastinya. Sampel diambil denganmenggunakan metode Jacob cohen, menghasilkan 204 respondenyang di pilih melalui teknik purposive sampling. Hasil uji t menunjukkan bahwa product quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelianserta online customer review memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F memperkuatsimpulan bahwa product quality, brand image, dan online customer review berpengaruh yang signifikan secara simultanterhadap keputusan pembelian.

Article Details

Section
Articles

References

Anggraini, M., & Simanjorang, F. (2023). Efektivitas Online Customer Review dalam meningkatkan minat beli konsumen pada TikTok Shop: Indonesia. Content: Journal of Communication Studies, 1(2), 10–20.

Anugrah, I. B., Nurfarida, I. N., & Sarwoko, E. (2021). Determinan keputusan pembelian di Shopee: Online Customer Review, Brand Image dan promosi. Management and Business Review, 5(2), 239–250.

Aphrodite, N., Ratnasari, I., Ningrum, S. F. W., Puspitasari, N., Rahayu, S., & Putri, Z. (2023). Pengaruh Brand Image, Brand Equity dan Norma Subyektif terhadap Minat Beli Ulang Produk Pasta Gigi Pepsodent. Warta Dharmawangsa, 17(1), 421–433.

Aruna, S. T., Hariasih, M., & Pebrianggara, A. (2024). Pengaruh brand ambassador, Brand Image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Garnier Sakura Glow. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi, 8(2), 228–245.

Azka, N. A. (2023). Pengaruh brand ambassador, layanan cash on delivery, dan Online Customer Review terhadap keputusan pembelian situs Shopee generasi Z di Kota Surakarta. Jurnal Visi Manajemen, 9(2), 25–35.

Chevalier, J. A., & Mayzlin, D. (2006). The effect of word of mouth on sales: Online book reviews. Journal of Marketing Research, 43(3), 345–354.

Christina, Y., & Purba, T. (2022). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan penjualan pribadi terhadap keputusan pembelian produk MaxTea Tarikk. eCo-Buss, 4(3), 569–581.

Hermansyah, T. (2024). Pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan Sanford di Sinar Mart Batam. Jurnal Al-Amal, 2(1), 50–57.

Keller, K. L. (2013). Strategic brand management. Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Manajemen pemasaran (Edisi ke-13). Jakarta: Erlangga.

Nofrizal, N., Sucherly, S., Juju, U., Khairani, Z., & Soviyanti, E. (2023). Can Product Quality improve purchase decisions in e-commerce and social media through customer loyalty and trust? Binus Business Review, 14(2), 147–161.

Rahmawati, A. I. (2022). Pengaruh Online Customer Review, online customer rating dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian online. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Ekonomi Kreatif, 1(1), 18–23.

Rustam, T. A., & Hikmah, H. (2022). Citra merek, kualitas produk dan harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian pada produk private label. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(2), 331–340.

Sahara, N., Asnawi, M., & Firah, A. (2023). Pengaruh kualitas produk dan harga produk terhadap keputusan pembelian pada PT Hari Rezeki Kita Semua di Medan. Journal Economic Management and Business, 2(1), 189–204.

Salsabila, K. L. N., Handayani, J., & Kusuma, S. Y. (2024). Pengaruh Customer relationship management dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(2), 83–108. https://doi.org/10.62421/jibema.v2i2.86

Sitinjak, T. J. R., & Silvia, V. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(8), 3669–3674.

Tjiptono, F. (2015). Strategi pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Zusmawati, Z., & Rani, A. (2023). Pengaruh layanan cash on delivery (COD) dan Online Customer Review (OCR) terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee di Kota Pariaman. Economics and Digital Business Review, 4(1), 587–596.