Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle “Celusa” untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Syariah Pada Siswa Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran puzzle “Celusa (Cerdas Literasi Uang Syariah)” dalam pembelajaran literasi keuangan syariah untuk siswa Sekolah Dasar. Mengetahui kelayakan media pembelajaran puzzle “Celusa (Cerdas Literasi Uang Syariah)” dalam pembelajaran literasi keuangan syariah untuk siswa Sekolah Dasar. Mengetahui peningkatan literasi keuangan syariah setelah diterapkan media puzzle “Celusa (Cerdas Literasi Uang Syariah)” dalam pembelajaran literasi keuangan syariah untuk siswa Sekolah Dasar Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian research and development dengan model ADDIE. Kelayakan produk diuji oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran yaitu guru, dan pengguna media yaitu siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, angket, dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket validasi ahli, angket respon guru, angket respon siswa, dan soal literasi keuangan syariah untuk anak Sekolah Dasar. Kelayakan media pembelajaran yang dihasilkan dianalisis menggunakan konversi 5 kategori kuantitatif yaitu sangat layak, layak, kelayakan sedang, tidak layak, dan sangat tidak layak. Media dikatakan efektif apabila rata-rata intepretasi score literasi keuangan syariah siswa lebih dari 80%. Penelitian menunjukkan hasil bahwa produk media pembelajaran Puzzle “Celusa” untuk meningkatkan literasi keuangan syariah siswa Sekolah Dasar telah dihasilkan. Media Puzzle “Celusa” dinilai layak oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran, dan siswa dengan score berturut-turut 2,9; 3,4; 3,6; dan 3,9. media dikatakan efektif karena rata-rata score literasi keuangan syariah siswa meningkat menjadi 80,2% dan 83%.
Article Details
References
Agung, Leo., Nunuk Suryani. (2012). strategi belajar mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Alagumalai, S., & Curtis, D. D. (2005). classical test theory. In Alagumalai, S., et. al. (Eds.).
Applied Rasch Measurement: A Book of Exemplars. Norwell, MA: Springer.
Arikunto, S. (2013). dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asyhad, M., & Handono, W. A. (2017). urgensi literasi keuangan syariah. MIYAH: Jurnal Studi Islam, 13(01), 126–143.
Athi’, H., Mafudhiyanto., Nurul, Q. (2018). Prosiding dari Seminar Nasional Unisla. pengembangan media pembelajaran monopoli akad syariah (Monasy) untuk meningkatkan literasi keuangan Syariah. Hal: 125-129
Awaluddin, M. (2018). penguatan peran perguruan tinggi Islam dalam mendorong pengembangan lembaga keuangan syariah di Indonesia. Jurnal Iqtisaduna, 4(2), 238. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v4i2.6970
Azwar, S. (2018). reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Canova, F., & Menz, T. (2011). does money matter in shaping domestic business cycles? an international investigation. Journal of Money, Credit and Banking, 43(4), 577–607. https://doi.org/10.1111/j.1538-4616.2011.00388.x
Cheung, L. (2016). using the ADDIE model of instructional design to teach chest radiograph interpretation. Journal of Biomedical Education, 2016, 1-6.
Crocker, L., & Algina, J. (2006). introduction to classical and modern test theory. Ohio: Cengage Learning.
Deng, H.-T., Chi, L.-C., Teng, N.-Y., Tang, T.-C., & Chen, C.-L. (2013). influence of financial literacy of teachers on financial education teaching in Elementary Schools. International Journal of E-Education, e-Business, e-Management and e-Learning, 3(1). https://doi.org/10.7763/ijeeee.2013.v3.195
Desy, T. (2016). analisa jumlah uang beredar di Indonesia tahun 2005-2014. Jurnal Manajemen Informatika, 3(2), 161-169
Drotner, K & Erstad, O. (2014). inclusive media literacies: interlacing media studies and education studies. International Journal of Learning and Media. 4(2), 19-34
Emiasih. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Modul Interaktif Berbasis Adobe Flash Kompetensi Dasar Membuat Jurnal Penyesuaian untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas x Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Pengasih. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta
Epifania, K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukatif Berbasis Android “My Journal” Dalam Pembelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Di SMK Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta
Farah, M & Reza, A. (2015). tingkat literasi keuangan pada mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 17(1), 76-85.
Farida, I. (2017). evaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum Nasional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fitriana, E & Ratna, C. (2018). pengembangan media pembelajaran “sharing with syari” berbasis video animasi untuk meningkatkan literasi keuangan Syariah. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 7(1), 1-19
Fitriyah, N. (2013). iklan televisi dan perilaku konsumtif anak-anak (studi kasus pada siswa SDN 13 Serang). Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Pranata Sosial, 2(2), 110–118.
Grody, A. D., Grody, D. D., Kromann, E., & Sutliff, J. (2011). A financial literacy and financial services program for Elementary School grades - results of a pilot study. SSRN Electronic Journal, May. https://doi.org/10.2139/ssrn.1132388
Huston, S. (2010). measuring financial literacy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 296- 316
Ifa, H dkk. (2018). literasi keuangan syariah bagi anak school age (studi kasus pada siswa kelas 4 SD Darul Hikmah Bandung). Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 2(2), 181-204
Ikka, W., Lukman, H., Wiedy, M. (2017). Proceeding of Community Development dengan tema memberdayakan masyarakat melalui inklusi dan literasi keuangan untuk pembangunan. Pengembangan dan Validasi Modul Edukasi Literasi Keuangan Islami untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Hal 321-332
Jamil, Sya’ban. (2012). 56 games untuk keluarga. Jakarta: Republika
Journal, I., Publication, M., Literacies, I. M., Studies, I. M., Studies, E., & Journal, I. (2014). Syddansk Universitet Inclusive Media Literacies Drotner, Kirsten; Erstad, Ola. https://doi.org/10.1162/IJLM
Kaplan, R. M., & Saccuzzo, D. P. (2005). psychological testing: principles, applications, and issues, 6th edition. Belmont, CA: Thomson Wadsorth.
Kardoyo, K., Hadi, S., & Nurkhin, A. (2018). program peningkatan literasi keuangan syariah bagi guru taman pendidikan Alquran (Tpq) di Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 655. https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i2.10335
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). model silabus sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
M Antara, Purnomo, Musa, Rosidah, dan Faridah. (2016). bridging Islamic financial literacy and halal literacy: the way forward in halal ecosystem. Procedia Economic and Finance, vol. 37, 196-202.
Machmud, A. (2017). ekonomi Islam untuk dunia yang lebih baik (1 ed). Jakarta: Salemba Empat.
Malaysia, Saudi Arabia, UAE and Uk. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 4(2), 211-223
Mudashiru, O. Y, Olatayo, S.O & Aderonke, K. S. (2012). instructional media production for early childhood education: A. B.C. jig-saw puzzle, a model. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 3(2), 7-12
Mulyatiningsih, E. (2012). riset terapan bidang pendidikan dan teknik. Yogyakarta: UNY Press
Nasution, A. W. (2019). analisis faktor kesadaran literasi keuangan. 7, 40–63.
National Council on Economic Education. (2010). economic and personal finance education. http://www.ncee.net.
Noor, K.T. (2011). a study of customers’ perception and attitude to Islamic banking products, services, staff, shari’ah board and marketing in five countries: Pakistan,
Opletalová, A. (2015). financial education and financial literacy in the Czech education system. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171, 1176–1184. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.229
Remund, D. L. (2010). financial literacy explicated: the case for a clearer definition in an increasingly complex economy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 276–295.
Rianto & Retno, A. S. (2018). development of puzzle game as media for learning and profession interest. International Journal Artificial Intelligent and Informatics, 1(2), 57-64
Rudi, Susilana., Cepi Riyana. (2008). media pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima Sanaky, H. AH. (2013). media pembelajaran interaktif-inovatif. Yogyakarta: Kaukaba
Sandra, J. H. (2012). financial literacy and cost of borrowing. International Journal of Consumer Studies, 7(4), 566-572
Sariyatul, I & Ratna, C. S. (2015). pengembangan komik edukasi sebagai media pembelajaran literasi keuangan untuk siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 58-70
Senjiati, I., Anshori, A., & Maulida. (2018). literasi keuangan syariah bagi anak school age (studi kasus pada siswa kelas 2 SD Darul Hikam Bandung). 2(2), 23.
Setiawati, R., Nidar, S. R., Anwar, M., & Masyita, D. (2018). islamic financial literacy : construct. Academy of Strategic Management Journal, 17(4), 1–12.
Setyosari, P. (2013). metode penelitian pendidikan dan pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Sherraden, M. S., Johnson, L., Guo, B., & Elliott, W. (2011). financial capability in children: effects of participation in a school-based financial education and savings program. Journal of Family and Economic Issues, 32(3), 385–399. https://doi.org/10.1007/s10834-010-9220-5
Solihin. (2015). terpaan iklan mendorong gaya hidup konsumtif masyarakat urban. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, Volume V N(2), 41–50. https://repository.unikom.ac.id/30951/1/jurnal-4.pdf
Suarti, N. (2015). puzzle memupuk sikap kemandirian pada anak usia dini. Jurnal Pedagogy, Vol 2(2) Hal 34-38
Sugiyono. (2015). metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukardjo. (2005). evaluasi pembelajaran semester 2. Yogyakarta: PPs UNY
Sukirno, S. (2011). makroekonomi teori pengantar edisi 3. Depok: Raja Grafindo Persada Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Wahono. (2006). aspek dan kriteria penilaian media pembelajaran. Bandung: Alfabeta Widyoko, E. (2011). evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar