Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance dan Struktur Kepemilikan Terhadap Kinerja Keuangan
Main Article Content
Abstract
Kinerja keuangan merupakan ukuran keberhasilan atas pelaksanaan fungsi-fungsi keua-hngan dan hal ini sangat penting, baik bagi investor maupun bagi perusahaan, penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana good corporate governance dan struktur kepemilikan mempengaruhi kinerja keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2021 – 2023. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan sampel sebanyak 28 perusahaan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara dewan komisaris independen tidak mempengaruhi kinerja keuangan, komite audit tidak mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan. kepemilikan manajerial tidak mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan. Serta kepemilikan institusional mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan.
Article Details
References
Alfani, R., & Ariani, K. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik (Qris). Edunomika, 08(01), 1–8. Https://Jurnal.Stie-Aas.Ac.Id/Index.Php/Jie/Article/View/11256
Alta, T. L. F. (2021). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Menggunakan Fitur Go Food Dalam Aplikasi Gojek (Studi Pada Pengguna Fitur Go-Food Di Kecamatan Kebumen). Doctoral Dissertation, Universitas Putra Bangsa.
Alghifari, A. D., Rahmita, R., Miski, N., Ramadhani, R. F., Putri, R. D., Ananda, R., & Yulia, A. (2025). Bagaimana Para Peneliti Memperlakukan Good Corporate Governance dalam Penelitian Mereka?. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(4), 265–274. https://doi.org/10.62421/jibema.v2i4.127
Amamilah, S., Mulyadi, D., & Sandi, S. P. H. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Efektivitas Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Penggunaan Qris Sebagai Alat Transaksi Pembayaran Pada Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang. Journal Of Economic, Bussines And Accounting (Costing), 7(2), 2992–3001. Https://Doi.Org/10.31539/Costing.V7i2.7444
Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.
Astuti, S., Wonua, A. R., & Titing, A. S. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiktok Shop. Journal Of Management And Social Sciences (Jimas)Journal Of Management And Social Sciences (Jimas), Vol.2(4), 147–161. Https://Journal-Stiayappimakassar.Ac.Id/Index.Php/Jimas/Article/Download/664/690/1825
Auliya Akhyar, R., & Sisilia, K. (2023). The Influence Of Perceptions Of Usefulness And Perceptions Of Convenience On The Decision To Use Digital Quick Response Code Payment Indonesian Standard (Qris) Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Penggunaan Pembayaran Digit. Management Studies And Entrepreneurship Journal, 4(4), 3944–3953. Http://Journal.Yrpipku.Com/Index.Php/Msej
Balya, D. (2023). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusiai dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 1(3), 274–301.
Bangkara, R. P., & Mimba, N. P. S. H. (2016). Pengaruh Perceived Usefulness Dan Perceived Ease Of Use Pada Minat Penggunaan Internet Banking Dengan Attitude Toward Using Sebagai Variabel Intervening. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16(3), 2408–2434.
Fadilah, N. (2020). Pengertian, Konsep, Dan Strategi Pemasaran Syari’ah. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(2), 194-211.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program Ibm Spss 23 (Edisi 8). Cetakan Ke Viii. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gratia, A., Rorie, S., Tumbel, A. L., Gunawan, E., Ekonomi, F., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Pada Tokopedia . Com Di Desa Noongan , Kecamatan Langowan Barat The Effect Of Trust And Perceived Risk On E-Commerce Purchase Decisions On Tokopedia . Com In Noongan Village . 6(1), 6–7.
Hair, J. Et. A. (2010). Multivariate Data Analysis (7th Ed). United States : Pearson".
Haryani, D. S. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(2), 198–209. Https://Doi.Org/10.33373/Dms.V8i2.2155
Humaidah, S. (2022). Hubungan Antara Literasi Keuangan, Kepercayaan, Dan Promosi Dengan Keputusan Penggunaan E-Wallet (Survei Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Siliwangi). Doctoral Dissertation, Universitas Siliwangi.
Iliyin, A., & Widiartanto, W. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan Ovo Pt Visionet Data Internasional (Studi Pada Pengguna Ovo Di Kota Surakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 85–92.
Izza, N., Mile, Y. ., & Jurana. (2025). Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Manfaat dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Aplikasi Online Maxim di Kota Palu . JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(2), 89–101. https://doi.org/10.62421/jibema.v3i2.160
Khalifah, A. R., Triwardhani, D., & Syarief, N. (2021). Keputusan Penggunaan Bni Mobile (Studi Kasus Pada Pengguna Bni Mobile Di Jakarta). Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 962- 980
Koapaha, H. P., & Arya, R. A. (2024). Efektivitas Strategi Iklan Online Dan Interaksi Sosial Dalam Mempengaruhi Niat Pembelian Gen Z. Yume : Journal Of Management, 7(2), 880–895.
Kotler Dan Keller. (2013). Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild. Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild, 1(4), 9. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004
Kusuma, P. S. A. J. (2025). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kemanfaatan, Keamanan Dan Minat Terhadap Keputusan Penggunaan Qris Pada Generasi Z Di Kota Denpasar. 5, 1843–1852.
Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16-30.
Lukman, F., Susanto, R. Y., & Askiyanto, M. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahaan Penggunaan, Persepsi Resiko Penggunaan, Dan Persepsi Manfaat Penggunaan Terhadap Keputusan Menggunakan Uang …. Http://103.164.117.216/Handle/071061/2819%0ahttp://103.164.117.216/Bitstream/Handle/071061/2819/Artikel.Pdf?Sequence=1&Isallowed=Y
Murningsih. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (Qris) Di Pasar Manis Purwokerto.
Nenandha, N. (2020). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan, Dan Risiko Terhadap Minat Penggunaan Layanan Pembayaran Digitral Pada Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Ekonomi Trisakti, 2(2), 611–676. Https://Doi.Org/10.25105/Jet.V2i2.14635
Ningsih, H. A., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2021). Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik ( Qris ) Pada Mahasiswa. Jurnal Ikra-Ith Ekonomika, 4(1), 1–9.
Pratama, A. B., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi, 27, 927. Https://Doi.Org/10.24843/Eja.2019.V27.I02.P04
Putri. (2024). Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Melalui Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Qris Pada Mahasiswa Generasi Z Di Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 9(2), 296–316.
Rahmawati, A., & Murtanto. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Uang Elektronik (Qris) Pada Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 1247–1256. Https://Doi.Org/10.25105/Jet.V3i1.16032
Ramadani Silalahi, P., Tambunan, K., & Ramadhany Batubara, T. (2022). Dampak Penggunaan Qris Terhadap Kepuasan Konsumen Sebagai Alat Transaksi. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 122–128.
Salsabila, H. Z., Susanto, S., & Hutami, L. T. H. (2021). Pengaruh Persepsi Risiko, Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 87–96. Https://Doi.Org/10.37641/Jimkes.V9i1.442
Sekar Arum, L., Amira Zahrani, & Duha, N. A. (2023). Karakteristik Generasi Z Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Bonus Demografi 2030. Accounting Student Research Journal, 2(1), 59–72. Https://Doi.Org/10.62108/Asrj.V2i1.5812
Seputri, W., Soemitra, A., & Bi Rahmani, N. A. (2022). Pengaruh Technolgy Acceptance Model Terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) Sebagai Cashless Society. Mes Management Journal, 2(2), 116–126. Https://Doi.Org/10.56709/Mesman.V2i2.57
Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Universitas Sumatera Utara (1)(2)(3). Jurnal Managemen Bisnis, 17(2), 287–297. Http://Journal.Undiknas.Ac.Id/Index.Php/Magister-Manajemen/
Siregar, W. S., Nasution, A. I. L., & Nurwani, N. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Shopee Paylater. Jurnal Syntax Transformation, 4(4), 44–56. Https://Doi.Org/10.46799/Jst.V4i4.710
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. ".
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. ".
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta, Cv.
Sujarweni, V. W. (2022). Analisis Laporan Keuangan Teori, Aplikasi, Dan Hasil Penelitian. Pustaka Baru Press.
Suparyanto & Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran, In Media, Yogyakarta.
Tjiptono, F. (2016). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Andi
Wibowo, S. F., Rosmauli, D., & Suhud, U. (2015). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Di Jakarta). Jrmsi - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 440–456. Https://Doi.Org/10.21009/Jrmsi.006.1.06
Yadnya, I. (2023). Pengaruh Persepsi Teknologi Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian. Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi14(5). Http://Journal.Ikopin.Ac.Id/Index.Php/Covalue/Article/View/4121%0ahttp://Journal.Ikopin.Ac.Id/Index.Php/Covalue/Article/Download/4121/3249