Analisis Pemanfaatan Website E – Commerce Dalam Mendukung Ekspansi Start-Up Butik Rengganis Ke Pasar Internasional
Main Article Content
Abstract
Meningkatnya tren digitalisasi mendorong pelaku usaha, termasuk Startup lokal seperti Butik Rengganis, untuk memanfaatkan Website E-commerce sebagai sarana ekspansi pasar internasional. Sejak pengoperasian Website secara aktif, terlihat peningkatan penjualan dari berbagai negara seperti Singapura, Australia, hingga Inggris.Dalam prosesnya, masih ditemukan berbagai kendala teknis dan non-teknis, seperti keterbatasan SDM, promosi digital yang belum optimal, serta tantangan dalam pengelolaan logistik lintas negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan Website E-commerce dalam mendukung ekspansi pasar internasional pada Startup Butik Rengganis. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada pihak internal Butik Rengganis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Website Rengganis.id memberikan kontribusi signifikan dalam mendukung proses ekspor melalui kemudahan sistem pembayaran internasional seperti PayPal dan Xendit, penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa utama Website, serta layanan pelanggan yang cepat dan responsif. Selain itu, adanya penyesuaian produk terhadap permintaan konsumen internasional menjadi strategi adaptif yang mendorong loyalitas pasar luar negeri. Namun demikian, terdapat beberapa tantangan teknis seperti kendala pembayaran (payment pending) serta tantangan non-teknis seperti keterbatasan sumber daya manusia dan pengelolaan logistik
Article Details
References
Adiwijaya, S., Harefa, A. T., Isnaini, S., Raehana, S., Mardikawat, B., Laksono, R. D., . . . Muslim, F. (2024). BUKU AJAR METODE PENELITIAN KUALITATIF. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Annisa. (2025). Apa itu Website ? Fungsi, Jenis dan Manfaatnya dalam era digital. Fakultas Ilmu Komputerdan Teknologi Informasi.
Apridiandini, K. (2021). Repository.stei.ac.id, 9.
Hendra Ibrahim, I. R. (2025). Startegi Ekspansi Perusahaan Global di pasar Internasional :Analisis dan Tantangannya. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika.
Hidayat, F. (2017). Repository Universitas Dinamika, 6.
Kharnolis, F. D. (2021). Peran E-commerce Sebagai Digital Fashion Branding. Unesa.ac.id, 20.
Kumara, A. R. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif.
Maulida, N. R. (2022, April). Analisis Pemanfaatan E-Commerce Dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku Usaha Mikrokecil Menengah (Umkm) Pada Masa Pandemicovid-19 Ditinjau Dari Mas}Lah}Ah Mursalah (Studi Kasus Sentra Wisata Kuliner Convention Hall Kota Surabaya). Retrieved from http://digilib.uinsa.ac.id/57099/2/Naila%20Rizky%20Maulida_G94218206.pdf
Mind, A. (2023, September 27). Cross - border commerxe : Memperluas Bisnis Anda ke Dunia Internasional. Retrieved from https://anymindgroup.com/id/blog/cross-border-commerce-2023/
Moh Gifari Sono. Abdul Aziz Assayuti, A. Y. (2023). Hubungan Antara Perencanaan Strategis, Ekspansi pasar, Keunggulan Kompetitif Terhadap Pertumbuhan Perusahaan Fashion di Jawa Barat. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 142-145.
Naamy, N. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif . Mataram: Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah LP2M UIN Mataram.
Nugrahani, D. M. (2024, 08 11). Industri Fashion Indoneisa Semakin Bersinar dan Berkembang. Retrieved from VIBIZMEDIA.COM: https://www.vibizmedia.com/index.php/2024/08/11/industri-fesyen-indonesia-semakin-bersinar-dan-berkembang/#:~:text=Digitalisasi%20dan%20E%2Dcommerce%20Industri,terhadap%20total%20penjualan%20e%2Dcommerce.
Pasla, B. N. (2025, 2 14). Retrieved from Bams: https://bams.mba/bisnis-industri/jenis-dan-9-contoh-E-commerce-di-indonesia/
Prawiranata, R. T. (2024). Analisis Strategi Ekspansi Internasional Eiger. ULIL ALBAB, Vol.3,NO.3, hal 119.
Rafli, A. M. (2024). Apa itu Ekspansi Usha, ? Kenali Pengertian HIngga Kekurangannya. Mekari Jurnal.
Retrieved from Ilmu Keuangan: https://www.ilmukeuangan.com/post/gelombang-baru-belanja-online-bagaimana-E-commerce-merubah-wajah-bisnis-global 2024, Mei 13
Satyagraha, K. P. (2020). Pengaruh Penggunaan E-commerce dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Kompetitif. elibrary.unikom.ac.id, 24.
Sulistyawati. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: K-Media.
Susilawati, T. (2020). Membangun Website Toko Online Pempek Nthree Menggunakan Php dan Mysql. Jurnal Teknik Informatika Mahakarya, 36.
Wulandari, P. (2022). Analisis Pemanfaatan E-Commerce Dan Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil Mikroberdasarkan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pedagang Keripik Pisang di Gang PU Kedaton KotaBandar Lampung).
Zaen, F. A. (2021). Akuisisi, Koneksi Politik, dan Kinerja Merger dan Akuisisi. Perpustakaan Airlangga, 1.