Pengaruh Persepsi Harga, Keragaman Produk, Lokasi, dan Promosi Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen pada Masa Pandemi di Wedangan Rock Sugar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan agar dapat mengetahui bagaimana pengaruh Persepsi Harga, Keragaman Produk, Lokasi dan Promosi Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen pada Masa Pandemi di Wedangan Rocksugar. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen Wedangan Rocksugar dengan jumlah sampel dalam penelitian ini dihitung menggunakan rumus unknown populations berjumlah 100 responden. Uji yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Persespsi Harga berpengaruh positif dan siginifikan terhadap Minat beli konsumen Wedangan Rock Sugar. Keragaman Produk berpengaruh positif dan siginifikan terhadap Minat beli konsumen Wedangan Rock Sugar. Sebuah pengalaman berkesan akan dapat memberikan berpengaruh terhadap kenaikan minat beli konsumen. Lokasi berpengaruh positif dan siginifikan terhadap Minat beli konsumen Wedangan Rock Sugar. Promosi Media Sosial berpengaruh positif dan siginifikan terhadap Minat beli konsumen Wedangan Rock Sugar.
Article Details
References
Aditia, D., Nasution, D., Sains, F. S., Pembangunan, U., Budi, P., & Utara, U. S. (2020). Aditia, 2020. Jurnal Benefita, 5(2), 212–224.
Adiyanto, Y. (2021). The Effect of Store Atmosphere ( Store Mobile ) and Location on Consumer Buying Interest In Building Store Sumber Intan In – Pulo Ampel District. International Journal of Economics, Management, Bussiness and Social Science (IJEMBIS), 1(2), 233–245. https://cvodis.com/ijembis/index.php/ijembis
Azizah, L. N. (2020). Pengaruh lokasi, harga, dan keberagaman produk terhadap minat beli pada pasar tradisional kiringan. Media Mahardhika, 19(1), 102– 107.
Chasanah, E. S. (2018). Analisis pengaruh keragaman produk, promosi penjualan serta kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan breadtalk blu plaza bekasi.
Eka Santi, D. (2020). Peran Online Advertising Pada Pemasaran Axis. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 58. https://doi.org/10.35308/source.v6i1.1768
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Habibie, F. H., Mustika, A., Ratnaningtyas, H., & Noveti, V. (2021). Promotion of Instagram and Purchase Intention: A Case of Beverage Business at Covid-19 Pandemic. TRJ Tourism Research Journal, 5(1), 78. https://doi.org/10.30647/trj.v5i1.115
Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. Baskara Journal of Business and Enterpreneurship, 2(2), 83–92. https://doi.org/10.24853/baskara.2.2.83-92
Hidayah, D., & Idris. (2020). Influence of Price, Product Quality, Location, Brand Image, and Word of Mouth on Purchasing Decisions at Bacarito Padang Cafe with Buy Interest as a Moderation Variable. 124(2018), 710– 716. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200305.137
Izza, N., Mile, Y. ., & Jurana. (2025). Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Manfaat dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Aplikasi Online Maxim di Kota Palu . JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(2), 89–101. https://doi.org/10.62421/jibema.v3i2.160
Khasannudin, M. D. R., & Mahendra, P. T. . (2025). Analisis Pengaruh Fasilitas dan Harga Terhadap Minat Beli. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(4), 251–264. https://doi.org/10.62421/jibema.v2i4.124
Kotler, & Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip, & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 Edisi 12. Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi 13.Jakarta. Penerbit Erlangga. Penerbit Erlangga.
Nyoman, N., & Wisudawati, S. (2022). The Influence Of Social Media Marketing , Content Marketing And Brand Image On Instagram Toward Buying Interest ( A Case Study on Consumer at Dahlia Beauty Salon ). Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 38– 50.
Perwitasari, D., Karnadi, & Umami. (2020). Pengaruh Keragaman Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Swalayan Sinar Harapan Di Kabupaten Situbondo Dwi Perwitasari W. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis GROWTH, 18(1), 52–67.
Pratiwi, N. (2018). Perancangan Desain Ilustrasi Digital Sebagai Media Promosi Online Di Zetizen Jawa Pos Surabaya. Isbn, 4(1), 121–138. https://doi.org/10.1016/j.cell.2017.12.025%0Ahttp://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas- 2018.pdf%0Ahttp://www.who.int/about/licensing/
Prawira, M. Y., Butarbutar, M., Nainggolan, L. E., Manajemen, P. S., Pematangsiantar, K., Utara, S., Time, C. C., Pematangsiantar, S., Time, C. C., Pematangsiantar, S., Konsumen, P., & Ulang, M. B. (2019). Maker : Jurnal Manajemen Pengaruh Iklan Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Persepsi Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Café. 5, 48–60.
Putranda, G. (2018). Pengaruh perencanaan strategi terhadap kinerja pada cafe – cafe yang menggunakan media promosi online di kota malang.
Rinadiyana, L. R., Triwardani, D., Badriatin, T., & Muhammad, M. (2020). The Effect of Product Quality , Price , Place , Strategy Marketing of Purchase Decisions Cibaduyut Shoes. 8468.
Sadiyah, H. (2021). Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Penentu Minat Beli Konsumen. Implementasi Manajemen & Kewirausahaan, 1(2), 115–125. https://doi.org/10.38156/imka.v1i2.77
Sengkey, M., Mandey, S. L., & Soegoto, A. S. (2021). The Effect of Price Perception , Product Quality and Location on Consumer Purchase Decisions through Buying Interest as Intervening Variables on Msme Products During the Covid-19 Pandemic. European Journal of Life Safety and Stability, 6, 67–82.
Setyaningrum, A., & Niati, A. (2019). Pengaruh Citra Merek, Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Rumah Brownies Maylisa). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Silaningsih, E. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah ( Umkm ) Produk Olahan Makanan Ringan The Effect Of Marketing Mix To Consumen Willingness To Buy In Micro Small Medium Enterprises ( Msme ) Snacks Product Materi Dan M. 9, 144–158.
Solihin, D., & Kurniawan. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(2), 129–141. https://doi.org/10.62421/jibema.v2i2.79
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syamsidar, R., & Soliha, E. (2019). Kualitas Produk, Persepsi Harga, Citra Merek dan Promosi terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi Pada Banaran 9 Coffee and Tea di Gemawang, Kabupaten Semarang). 26(2), 146–154.
Usman, O., & Nadila, K. (2019). Effect Of Products, Promotion, Price, And Location Of Buying Decision In Bangkok. า £า £ B า£W ชากา , 7(2), 1–16.
Wahyudianto, M. Z. (2021). Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Butuhbaju.Com. Performa, 5(4), 311–319. https://doi.org/10.37715/jp.v5i4.1786
Wang, F. S., & Zhang, C. (2020). What to do next to control the 2019-nCoV epidemic? The Lancet, 395(10222), 391–393. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30300-7
Yamali, F., & Putri, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Medcom,Id, 4(2), 1. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.179.