Analisis Perbedaan Program Kampus Mengajar Dan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi

Main Article Content

Dinda Rahmawati
Samsinar
Fajriani Azis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan tingkat kesiapan menjadi guru antara mahasiswa yang mengikuti Program Kampus Mengajar dan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa aktif dari program studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Makassar tahun 2021. Sampel pada penelitian ini yaitu masing-masing 15 mahasiswa yang mengikuti Program Kampus Mengajar dan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diperoleh dari responden kemudian dilakukan analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, uji instrument, uji asumsi klasik dan uji t-test independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kesiapan menjadi guru yang signifikan antara mahasiswa yang mengikuti Program Kampus Mengajar dan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan pada mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Makassar tahun 2021. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t-test independent diperoleh nilai signifikansi Two Sided sebesar 0,120 yang mana nilai ini lebih besar dari 0,05 dengan demikian H0 diterima. Kedua program praktik mengajar baik Kampus Mengajar maupun Program Pengenalan Lapangan Persekolahan memiliki ruang lingkup kegiatan yang serupa, yaitu mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi guru. Oleh karena itu, keduanya memberikan pengalaman dan pembelajaran yang hampir setara dalam hal keterampilan mengajar dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengajar.

Article Details

Section
Articles

References

Fauzi, A. (2023). Pengaruh keterampilan mengajar dan self efficacy terhadap kesiapan menjadi guru melalui minat sebagai variabel intervening (Survey Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi 2019) (Doctoral dissertation), Universitas Siliwangi. http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11557

Hikmawati, H. (2022). Melatih Soft Skills Mahasiswa Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022 di SDN 10 Ampenan. Unram Journal of Community Service, 3 (2), 30-37. https://doi.org/10.29303/ujcs.v3i2.190

Julia, J., Subarjah, H., Maulana, M., Sujana, A., Isrokatun, I., Nugraha, D., & Rachmatin, D. (2020). Readiness and competence of new teachers for career as professional teachers in primary schools. European Journal of Educational Research, 9 (2), 655–673. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.655

Khaerunnas, H., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan (PLP), minat mengajar, dan prestasi belajar terhadap kesiapan menjadi guru bagi mahasiswa pendidikan ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (6), 3946–3953. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1353

Mahardika, I. M. A., Tripalupi, L. E., & Suwendra, I. W. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan menjadi guru pada mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi angkatan 2014 Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal pendidikan ekonomi undiksha, 11 (1), 160-271. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20152

Mohamed, Z., Valcke, M., & De Wever, B. (2017). Are they ready to teach? Student teachers’ readiness for the job with reference to teacher competence frameworks. Journal of Education for Teaching, 43 (2), 151–170. http://dx.doi.org/10.1080/02607476.2016.1257509

Nizam, Yulianti, K., Suryani, N., Syahril, I & Aditomo, A. (2023). Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 6. Jakarta: Kampus Mengajar.

Perdani, B. U. M., & Andayani, E. S. (2021). Pengaruh Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19 (2), 99-115. https://doi.org/10.21831/jpai.v19i2.46021

Puspitasari, W., & Asrori, A. (2019). Pengaruh Persepsi Profesi Guru dan Keefektifan Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Menjadi Guru dengan Efikasi Diri sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1061-1078. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35724

Sari, W. K., Syakhruni., Yabu, M., Anwar, B., Hamsa, A., Akbal, M., Nur, M., Ngampo, M. Y., Mufa’adi, & Anwar, M (2020). Buku Panduan Program Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Makassar. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Siburian, S., & Nurlaili, E. I. (2023). Literasi Ekonomi dan Kegiatan Program Kampus Mengajar pada Kesiapan untuk Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (3), 21185-21196. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9646

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Yuniasari, T., & Djazari, M. (2017). Pengaruh minat menjadi guru, lingkungan keluarga, dan praktik pengalaman lapangan (PPL) terhadap kesiapan menjadi guru akuntansi mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2013 FE UNY. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15 (2), 78-91. https://doi.org/10.21831/jpai.v15i2.17220