Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dan Intensi Meninggalkan Organisasi
Main Article Content
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh stres kerja terhadap kepuasan kerja karyawan, mengetahui pengaruh stres kerja terhadap intensi meninggalkan organisasi dan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap intensi meninggalkan organisasi. Hasil dari analisis adalah sebagai berikut: stres kerja mempunyai pengaruh signifikan dan negatif terhadap kepuasan kerja karyawan. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat stres yang rendah akan mempengaruhi tercapainya kepuasan kerja karyawan. Stres mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap intensi meninggalkan organisasi. Adanya pengaruh ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat stres yang dirasakan karyawan selama bekerja akan memungkinkan tinggilnya keinginan untuk meninggalkan organisasi. Kepuasan kerja memberikan pengaruh yang signifikan dan negatif terhadap intensi meninggalkan organisasi. Adanya kepuasan yang tinggi akan membuat karyawn tetap bertahan di organisasi dan terus bekerja semaksimal mungkin mewujudkan tujuan organisasi
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Albougami, A. S., Almazan, J. U., Cruz, J. P., Alquwez, N., Alamri, M. S., Adolfo, C. A., & Roque, M. Y. (2020). Factors affecting nurses’ intention to leave their current jobs in Saudi Arabia. International Journal of Health Sciences, 14(3), 33.
As’ad, Moh. (2000), Psikologi Industri, Seri Ilmu Sumber Daya Manusia, Sinar Baru, Bandung.
Azwar, Saifudin. (2000). Reliabilitas dan Validitas Cetakan Kedua. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Brown, Steven, P dan Peter A. Feterson; (1994); The Effect of Effort on Sales Performance and Job Satisfaction; Journal of Marketing, 58 (April): 70 – 80.
Chalim, A. K., & Rosento. (2024). Pegaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(4), 338–350. https://doi.org/10.62421/jibema.v1i4.41
Davis & Newstrom. (1990). Human Behavior at Work : Organizational Behavior, 8 th Edition. McGraw-Hill, New York.
Gibson, James, John M. Ivancevich, dan Donnely (1996), Organisasi dan Manajemen, Erlangga, Jakarta.
Greenberg, J. and Baron, R.A. (1995), Behaviour in Organizations: Understanding and Managing the Human Side of Work, 5th ed., Prentice-Hall, Englewood Cliffs, NJ.
Haliza, Z. N., & Oktiani, N. (2024). Pengaruh Penerapan Disiplin Kerja dan Produktivitas Kerja Terhadap Kinerja. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(4), 286–300. https://doi.org/10.62421/jibema.v1i4.40
Handoko, T. Hani. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi Ketujuh, BPFE, Yogyakarta.
Jacinta F. Rini. (2002). Stres Kerja . Team e-psikologi.com, 25 Juli 2002.
Khasanah, N., & Oktiani, N. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Konsumen Terhadap Kepuasan Layanan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(3), 223–233. https://doi.org/10.62421/jibema.v1i3.20
Lee, R.T. and Ashforth, B.E. (1993). “A Further Examination Of Managerial Burnout: Toward And Integrated Model”, Journal of Organizational Behavior, Vol. 14 No. 1, pp. 3-20.
Lum, Lillie, Kervin, John, Clarck, Kathleen, Reid, Frandk & Sirola, Wendy. 1998. Explaining Nursing Turnover Intent : Job Satisfaction, Pay Satisfaction, or Organizational Commitmen. Journal of Organizational Behavior, 19 : 305 – 320.
Masuku, D., Joesah, N., & Kusuma, A. B. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu Pengiriman Barang Terhadap Kepuasan Pelanggan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(3), 208–222. https://doi.org/10.62421/jibema.v1i3.19
Matteson, M.T. and Ivancevich, J.M. (1982). Managing Job Stress and Heath: The Intelligent Person’s Guide, The Free Press, New York, NY.
Muchtadin, & Zelvy Emmelya Sundary. (2024). Stres Kerja Dalam Memediasi Faktor-Faktor Turnover Intention. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(3), 176–186. https://doi.org/10.62421/jibema.v1i3.16
Nadas, L., Indriyani, F., & Astuti, D. (2024). Pengukuran Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Human Resource Scorecard (HRSC). JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(4), 301–315. https://doi.org/10.62421/jibema.v1i4.39
Nitisemito, Alex. S. (1996), Manajemen Personalia, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Nur Indriantoro. (1992). The Effect of Participative Budgeting on Job Performance and Job Satisfacation With Locus of Control and Cultural Dimensions as Moderating Variables. Dissertation, University of Kentucky, USA.
Panji Anorogo dan Ninik Widiyanti, (1990), Psikologi dalam Perusahaan, Rineka Cipta, Jakarta.
Prasetyo, Y. M. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Kaizen, dan Kesejahteraan Terhadap Kepuasan Kerja. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(1), 77–86. https://doi.org/10.62421/jibema.v1i1.8
Rahim, A. (1996), “Stress, strain, and their moderators: an empirical comparison of entrepreneurs and managers”, Journal of Small Business Management, Vol. 34 No. 1, pp. 46-58.
Ramdani, Z., Marliani, R., & Rahman, A. A. (2019). The individual work performance scale: A psychometric study and its application for employee performance. Humanities & Social Sciences Reviews, 7(5), 405-414.
Randall, M. L., Cropanzano, R., Borman, C. A., & Birjulin, A. (1999). Organizational politics and organizational support as a predictor of work attitudes, job performance, and organizational Citizenship Behavior. Journal of Organizational Behavior, 20. 159-174.
Siswanto, Bedjo, (2003), Manajemen Tenaga Kerja, Sinar Baru , Bandung. Supranto, 2001. Statistik : Teori dan Aplikasi, Erlangga, Jakarta.
Susilo Martoyo, (2000), Manajemen Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.
Yeni Kuntari dan Ariel Sasti Karuniawan. (2002). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Turnver Intention Akuntansi Publik di Kota Semarang. Assets Vol 4 No. 3 Oktober 2002.
Zaleka Eliza Nora Agustina dan Arfan Ikhsan. (2003). Pengaruh Kinerja Tugas Dan Kinerja Kontekstual Terhadap Kepuasan Kerja Dan Komitmen Afektif. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, Maret 2003