Kesejahteraan Finansial dan Etos Kerja: Studi terhadap Guru GTT Pendidikan Agama Kristen di Wilayah Kota dan Kabupaten Kediri
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman penulis dalam membina guru-guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Kota dan Kabupaten Kediri melalui program “Guru Bangsa” di bawah Yayasan Penabur Benih Kasih Indonesia. Guru PAK berstatus Guru Tidak Tetap (GTT) umumnya hanya menerima tunjangan transportasi yang minim, sehingga tingkat kesejahteraan finansial mereka berada di bawah standar regional. Walaupun kesejahteraan finansial relatif tidak tinggi, guru PAK GTT tetap dituntut memiliki etos kerja tinggi sebagai wujud profesionalisme. Penelitian ini menggunakan metode mixed-method dengan objek penelitian para guru PAK yang tergabung dalam Persekutuan Guru Bangsa di bawah naungan Yayasan Penabur Benih Kasih Indonesia. Responden terdiri dari empat orang, yaitu duaa guru dari wilayah Kota Kediri dan dua guru dari wilayah Kabupaten Kediri. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh signifikan antara kesejahteraan finansial dan etos kerja. Faktor utama yang mendukung etos kerja meliputi kedisiplinan, kemampuan mengelola kelas, strategi mengajar efektif, serta empati terhadap siswa. Namun, ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai menjadi faktor eksternal krusial. Penelitian ini menegaskan bahwa etos kerja guru dipengaruhi tidak hanya oleh faktor internal, tetapi juga dukungan institusional dan fasilitas yang memadai.
Article Details
References
Adhani, A. R. (2013). Pengaruh kebutuhan aktualisasi diri dan beban kerja terhadap prestasi kerja karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(4), 1223–1233.
Adzhar, M. H., Nirmala, D. W., Khoiruddin, U., & Indrioko, E. (2025). Studi Literatur : Analisis Kritis Perkembangan Kebijakan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja ( Pppk ) Guru Dan Tenaga Kependidikan Di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 07(3), 364–377.
Ananda, R. (2018). Profesi pendidik dan tenaga kependidikan (Telaah terhadap pendidik dan tenaga kependidikan).
Ayunda, V., Jannah, A. M., & Gusmaneli, G. (2024). Metode Pembelajaran yang Efektif dalam Pendidikan Dasar. Wathan: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(3), 259–273. https://doi.org/10.71153/wathan.v1i3.139
Dhobith, A. (2024). ANALISIS KEBIJAKAN GAJI GURU HONORER TERHADAP KESEJAHTERAAN HIDUP GURU HONORER DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 44–62. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v7i1.6609
Farah Syifa Agustia, & Ari Suriani. (2025). Cara Mengelola Kelas yang Efektif di Sekolah Dasar. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3(5), 21–29. https://doi.org/10.61132/nakula.v3i5.2059
Ginting, D. (2016). Etos kerja-panduan menjadi karyawan cerdas. Elex Media Komputindo.
Hoekema, A. A. (2015). Manusia Ciptaan Menurut gambar Allah. Momentum, Surabaya.
Hutahayan, B. (2020). Peran kepemimpinan spiritual dan media sosial pada rohani pemuda di Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Cililitan. Deepublish.
Joseptalin. (2008). Mengajar dengan kreatif. Andi Offset, Yogyakarta.
Laoli, S. K. (2025). Etos Kerja Guru PAK Sebagai Fondasi Pembentukan Karakter Siswa Di SMPN 4 Tuhemberua, Nias Utara. Sabar: Jurnal Pendidikan Agama Kristen dan Katolik, 2(2), 27-42.
Manno, D. (2020). Building Your Future: Pembentukan Watak Dan Tata Nilai Untuk Menjadi Pribadi Unggul. Penerbit Andi.
Merina B., I. P. S. & D. M. E. (2024). Buku Ajar Kewirausahaan Berbasis Project Based Learning. Jakad Media Publishing.
Munir, M. A. (2020). Kebermaknaan Hidup Pada Guru Honorer di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kabupaten Kediri.
Nasution, S. H., Dora, N., & Hati, S. T. (2024). Kreativitas Guru Dalam Mengatasi Keterbatasan Media Pembelajaran IPS di Sekolah SMP Yayasan Perguruan Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 173–181.
Ngahu, S. S. T. (2020). Mendamaikan Manusia Dengan Alam. Jurnal Teologi Pengarah, 2(2), 77–88.
Rudin Akhmad, Kusrina Tity, & Fr Dewi Apriani. (2024). Pengaruh Sarana Prasarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal. Journal of Education Research, 5(2), 1925–1930.
Salsabila, Y., & Sunarti, S. (2020). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN SARANA PRASARANA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal PGSD Indonesia, 6(2), 5.
Selvia, T. A., Putra, S. A., & Badrun, M. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Budaya Kerja Para Guru Sekolah Dasar. Manajemen Pendidikan, 9(2), 209–223. https://doi.org/10.23917/jmp.v9i2.8141
Simanjuntak,S.K.,Hadijaya, Y, & N. (2024). manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja guru di sekolah menengah kejuruan swasta. Jurnal Educatio,Jurnal Pendidikan Indonesia.
Sri Latifa Zahrawi, Sri Wahyuni, Ahmad Yusuf Sobri, & Imron Arifin. (2025). Analisis Faktor Determinan Motivasi Kerja Guru Tidak Tetap (GTT) Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini: Systematic Literature Review. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(2 Mei SE-Articles), 3375–3386. https://doi.org/10.58230/27454312.2247
Syaharani, E. R., Cahyaningrum, S. N., & Putri, N. N. E. (2024). Literature Review: Efektivitas Metode Pembelajaran Tanya Jawab dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3 SE-Articles), 12. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.296
Syawali, I., Suriadi, A., & Komalasari, S. (2022). Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Etos Kerja Karyawan. Jurnal Al-Husna, 2(1 SE-Articles), 27–43. https://doi.org/10.18592/jah.v2i1.4516
Wahyuni, S. (2021). Peran guru pendidikan agama kristen dalam membentuk karakter peserta didik. Penerbit NEM.
Zagoto, A. (2020). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi terhadap Etos Kerja Guru di SMA Swasta Kampus Telukdalam. Jurnal Education and Development, 8(3), 929–931.