Pengaruh Self Efficacy, Persepsi Profesi Guru dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi pada Mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Makassar

Main Article Content

Khairunnisa
Nuraisyiah
Fajriani Azis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self efficacy, persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga secara simultan dan parsial terhadap minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angakatan 2021 dan 2022, sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Sampling Jenuh, sampel dalam penelitian ini berjumlah 165 mahasiswa Pendidikan Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar yang terbagi atas 77 mahasiswa angkatan 2021 dan 88 mahasiswa angkatan 2022. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif, uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa self efficacy, persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru akuntansi pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar, self efficacy, persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru akuntansi pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar, self efficacy berpengaruh paling dominan terhadap minat menjadi guru akuntansi pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Makassar dengan koefisien determinasi parsial.

Article Details

Section
Articles

References

Febryanti, E. F., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Efikasi, Persepsi, Informasi Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi Dengan Lingkungan Keluarga Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 9(1), 26. https://doi.org/10.25157/je.v9i1.4488

Innayati, E. M. (2024). Buku Ajar: Perilaku Organisasi. Indramayu: Penerbit Adab (CV. Adanu Abimata).

Kurniawan, H., Rusmayadi, G., Achar, K. A. H., Merliza, P., & Suprayitno, D. (2024). Buku Ajar Statistika Dasar. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Kusumawardhani, R., & Astuti, N. D. (2024). Pengantar Statistik dan Analisis dengan SPSS. Gowa: CV RUANG TENTOR.

Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Misbahuddin, & Hasan, I. (2014). Analisis Data Penelitian dengan Statistik (Edisi Ke-2). Jakarta:PT Bumi Aksara.

Musriha. (2021). Statistik Induktif dan Metode Kuantitatif untuk Ekonomi dan Bisnis. Surabaya:CV. Jakad Media Publishing.

Nasrullah, M., Ilmawati, Saleh, S., Niswaty, R., & Salam, R. (2018). Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Ad’ministrare, 5 (1), 1–6. http://ojs.unm.ac.id/index.php/administrare/index%0AMinat

Nikolaus Duli. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. Sleman: CV Budi Utama.

Pranita, D., Sule, E. T., Kartini, D., & Kalsum, U. (2022). CO-Creation Model For Competitive