Dampak Orientasi Pasar Hijau Dan Kapabilitas Adapasi Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Bisnis Merchant Resto Pada The Breeze Mall BSD

Main Article Content

Diajeng Vita Mariza
Arif Nugroho
Widya Lelisa Army

Abstract

Pariwisata merupakan suatu kegiatan/perjalanan yang dilakukan seseorang dengan waktu yang bersifat sementara, jadwal yang telah direncanakan dan mempunyai tujuan ke suatu tempat serta mempunyai motif tertentu tetapi bukan untuk mencari pekerjaan dan penghidupan di daerah tujuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang mana menggunakan dua variabel bebas yaitu pemangku kepentingan dan inovasi hijau serta satu variabel terikat yaitu kinerja usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh orientasi pasar hijau terhadap kinerja usaha, dan pengaruh inovasi hijau terhadap kinerja usaha. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, yang diperoleh dari data lapangan dan data kepustakaan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 pelaku usaha menengah atau UMKM, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi pasar hijau dan inovasi hijau sangat berpengaruh terhadap kinerja usaha UMKM, berdasarkan hasil penelitian sekitar 91%, karena tekanan orientasi pasar hijau lebih menekankan pelaku usaha atau perusahaan untuk lebih ramah lingkungan sebagai akibat dari kegiatan perusahaan yang berdampak pada lingkungan, sedangkan inovasi hijau berpengaruh terhadap pangsa pasar dengan proses dan berbagai produk yang ramah lingkungan.

Article Details

Section
Articles

References

Abbasi, K. R., & Adedoyin, F. F. (2021). Retracted Article: Do Energy Use And Economic Policy Uncertainty Affect Co2 Emissions In China? Empirical Evidence From The Dynamic Ardl Simulation Approach. Environmental Science And Pollution Research, 28(18), 23323-23335.

Abdallah, A.B., Dahiyat, S.E. And Matsui, Y. (2019), “Lean Management And Innovation Performance : Evidence From International Manufacturing Companies”,Management Research Review, Vol. 42 No.2, Pp. 239-262, Doi: 10.1108/Mrr-10-2017-0363.

Acar, A.Z. (2020), “The Mediating Role Of Value Innovation Between Market Orientitation And Business Performance Evidence From The Logistic Industry”, Amin, M., Uthamaputhran, Sand Ali, F.(2015). “The Effectiveness Of Green Product Positioning And Marketing Strategies To Ward Purchase Intention In Malaysia”, International Journal Of Innovation And Learning, Vol.17 No.4, Pp. 516-528.

Acemoglu, D., Akcigit, U., Hanley, D., & Kerr, W. (2016). Transition To Clean Technology. J. Polit. Econ., 124(1), 52-104.

Akhriandi, A. (2017) „Pengaruh Orientasi Pasar Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran‟, Pp. 1–80.

Alwi, T., & Handayani, E. (2018). Keunggulan Bersaing Ukm Yang Dipengaruhi Oleh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 193. Https://Doi.Org/10.33370/Jpw.V20i3.256

Andiyanto, F. 2017. Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Bisnis. Jurnal Manajemen, 8(3), 1– 20. Andiyanto, F., & Sufian, M. S. (2017). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Bisnis (Studi Empiris Pada Industri Pakaian Jadi Skala Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Kudus). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1–20.

Carroin-I-Silvestre Jl., Kim D. Perron P (2009) Gls -Base Unit Root Tests With Multiple Structural Breaks Under Both The Null And The Alternatif Hypothesis, Econometric Theory 25:1754-1792

Chen,Y., Tang G: Jin, J, Ji,L: Paile, P. Linking Market Orientation And Environmental Perfomance: The Inluence Of Environmental Strategy, Employer’s Environmental Envolment,And Enviromental Product Quality.

Dalimunthe, M. B. (2017). Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 18–31.

Dewi, S. T. (2016). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Pada Industri Batik Di Kota Dan Kabupaten Pekalongan). Ekonomi Dan Bisnis, 80. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/11715776.Pdf

Grant, R.M.(2010).Contemporary Strategy Analysis, 7th Edn. West Sussesx: Wiley.

Kecil Dan Menengah Batik Kerinci). Jurnal Benefita, 1(3), 105. Https://Doi.Org/10.22216/Jbe.V1i3.724

Muhajirin, M. And Kamaluddin, K. (2019) „Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Umkm Tenun Gedogan Kota Bima)‟, Jmm Unram - Master Of Management Journal, 8(4), Pp. 490–502. Doi: 10.29303/Jmm.V8i4.474.

Muhajirin, M. And Kamaluddin, K. (2019) „Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Pengaruhnya Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi

Pada Umkm Tenun Gedogan Kota Bima)‟, Jmm Unram - Master Of Management Journal, 8(4), Pp. 490–502. Doi: 10.29303/Jmm.V8i4.474.

Sherlin, I. (2016). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kinerja Pemasaran Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Industri Kecil Dan Menengah Batik Kerinci). Jurnal Benefita, 1(3), 105. Https://Doi.Org/10.22216/Jbe.V1i3.724

Sherlin, I. (2016). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kinerja Pemasaran Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Industri

Sirojuddin, A. (2015). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Rumah Makan Liwet Pak Asep Stroberi Nagreg. Https://Repository.Unikom.Ac.Id/Id/Eprint/23745 Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Cv Alfabeta Uncles

Sirojuddin, A. (2015). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Rumah Makan Liwet Pak Asep Stroberi Nagreg. Https://Repository.Unikom.Ac.Id/Id/Eprint/23745

Zaman, I. B. (2019) „Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Produk Umkm Spd Speedometer Yogyakarta)‟, Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), Pp. 1689–1699.