Analisis Strategi Inovasi Produk Pembiayaan Gadai Emas Berbasis Online Pada Fitur Mobile Banking PT Bank Syariah Indonesia Tbk

Main Article Content

Idil
Kamaruddin
Muhammad Taufiq

Abstract

Pembiayaan gadai emas berbasis online kini terupdate ke aplikasi Byond by BSI yang memberikan kemudahan bagi nasabah maupun pegawai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran dan kemudahan yang didapat nasabah pada PT Bank Syariah Indonesia KCP Gowa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomologi. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara kepada pegawai dan nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Gowa. Narasumber dalam penelitian ini mencakup 13 orang yaitu supervisor, penaksir 1 dan 2 serta nasabah. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedowan wawancara, alat perekam wawancara, dan alat pengambilan gambar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, Strategi pemasaran gadai emas yang digunakan pada PT BSI cabang Gowa yaitu strategi inovasi bertujuan untuk memperluas jangkauan layanan dan meningkatkan minat masyarakat terhadap produk keuangan syariah yang praktis dan modern. Pendekatan ini dilakukan dengan mengintegrasikan layanan Gadai Emas ke dalam aplikasi Byond by BSI secara komprehensif, memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi tanpa harus datang ke kantor cabang. Kedua, PT Bank Syariah Indonesia memiliki 1.927 nasabah pembiayaan gadai emas, yang terbagi menjadi 621 nasabah offline dan 1.306 nasabah melalui aplikasi Byond by BSI. BSI KCP Gowa memberikan kemudahan terhadap nasabah yaitu bisa mengetahaui taksiran dan pembiayaan dari emas nasabah yang akan digadaikan dan juga memberikan efisiensi waktu terhadap nasabah seperti membooking antrian melalui aplikasi Byond by BSI sehingga nasabah tidak perlu lagi antri.

Article Details

Section
Articles

References

Al-Jalalain. Tafsir al-Jalalain. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah

Alquran, Kemenag, Kementerian Agama RI (2023)

Apriyanti, H. W. (2022). Model Inovasi Produk Perbankan Syariah Indonesia, Jurnal Ekonomi Islam. Vol. 9. No. 1

Awan, D. K. (2022) Manajemen Inovasi dan Kreativitas”Yogyakarta: Gerbang Media Aksara.

Buchari, A. (2020). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Gleydis, H., Evita, N. (2024). Pengaruh Fasilitas Internet Banking, Mobile Banking, Dan Atm (Anjungan Tunai Mandiri) Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. Sinda.

Hafsah. (2021). Analisis Swot Terhadap Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Murabahah . Skripsi, repository UIN.

Hamdan, M. (2022). Analisis strategi pemasaran produk pembiayaan mitraguna. Skripsi, UIN Aceh.

Haque, F. (2022). Sttrategi Pemasaran. Konsep, Teori Dan Implementasi. Bandung.

Ira, A. (2023). Mut Jou, Ira Nur Alfiana, and Muhtadin Amri, “Mutanaqishah: Journal of Islamic Banking Pengaruh Kemudahan Dan Kelengkapan Fitur BSI Mobile Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah,.

Johandri, I., Isroq, H. U. (2021). Pengaruh Kemudahan Dan Ketersediaan Fitur Terhadap Penggunaan Mobile Banking,” Global Financial Accounting . Journal.

Kathir, I. Tafsir al-Qur'an al-‘Azhim. Beirut: Dar al-Fikr

Kesi Widjajanti; (2023) ”Aplikasi Strategi Diversifikasi Bagi UMKM Batik”Semarang: Universitas Semarang

Khaerunnisa., Wahyuningsih, N., Iqba, M. (2024). Analisis Penerapan Inovasi Produk dan Layanan dalam Meningkatkan Daya Saing Bank Syariah Indonesia KCP Cirebon Plered 1, Vol. 5. No. 2

Lestari, A. D. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Inovatif pada Startup E-Commerce di Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada.

Luluk, I. (2022). Bahasa Indonesia Dan Bahasa Inggris Dengan Perannya Masing-Masing. Journal.

Meleong., Lexy, J. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Najmul, H. (2023). Implementasi Pembiayaan Gadai Emas Dalam Meningkatkan Profitabilitas Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 23-27.

Novilia, H. (2023). Pengaruh Fasilitas Internet Banking, Mobile Banking, Dan Atm (Anjungan Tunai Mandiri) Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. Journal.

Nurhayati., Indriani, IIn;. (2021). Sosialisasi Pentingnya Kesadaran Hukum Terhadap Pinjaman Online. Adibarata jurnal.

Nurul, H. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kemudahan Transaksi dan Fitur Produk Terhadap Kepuasaan Nasabah Dalam Penggunaan BSI Mobile Banking. Rumah Jurnal.

Philip, K., Kotler K. L. (2022). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education Limited.

Priatin, E., Okta, D. (2023). Kupas Tuntas Teori Whelen Dan Hunger Dengan Metode Kualitati. Journal Manajemen Strategis.

Ramadhan, R. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Digital Finansial Syariah. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rangkuti,. Freedy. (2021). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rusyidi. (2018). Manajemen Pemasaran Bandung. Bandung: Alfabeta.

Santosa, H. (2020). Penerapan Inovasi Teknologi dalam Strategi Pemasaran Digital Produk Gadai Emas di Perbankan Syariah. Skripsi. Universitas Airlangga.

Setiawan, D. (2022). Strategi Inovasi Produk dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha (Studi pada UMKM Makanan Ringan di Kota Bandung). Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Siregar, Masyithah;. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Online Pada Fitur Mitraguna Mobile Banking (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan). . Skripsi, Sumatera Utara .

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tempo. (t.thn.). Tempo. Diambil kembali dari Mut Jou, Ira Nur Alfiana, and Muhtadin Amri, “Mutanaqishah: Journal of Islamic Banking Pengaruh Kemudahan Dan Kelengkapan Fitur BSI Mobile Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah,

Ummah, Sya'fiatul Masfi;. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Mobile Banking Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Switzerland.

Wahyu, I. (2023). Optimalisasi strategi pemasaran produk Pembiayaan mitraguna dalam Menarik minat nasabah di bank Syariah indonesia kcp uin Syarif hidayatullah. Skripsi, Jakarta UIN.