Respons Masyarakat Pada Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran Perbankan Syariah
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respons masyarakat ter-hadap pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran perbankan syariah, dengan studi kasus pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Jeneponto. Fokus penelitian mencakup empat aspek utama respons masyarakat terhadap penggunaan media sosial oleh BSI KCP Jeneponto, faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas media sosial sebagai alat pemasaran, tantangan yang dihadapi dalam implementasi strategi digital marketing, serta strategi yang diterapkan dalam menarik nasabah baru melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada pihak bank dan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial telah mem-berikan dampak positif terhadap peningkatan akses informasi dan perluasan jaringan nasabah melalui strategi seperti Referral Marketing dan WhatsApp Blast. Masyarakat merespons positif strategi digital ini karena dinilai lebih praktis dan efisien dalam mengakses informasi perbankan. Namun demikian, terdapat sejumlah tantangan yang dihadapi BSI KCP Jeneponto, antara lain rendahnya literasi digital di sebagian kalangan masyarakat dan kurangnya keberagaman serta kontinuitas konten media sosial yang disajikan, terutama bila dibandingkan dengan bank konvensional Untuk mengatasi hal ini, BSI KCP Jeneponto disarankan untuk meningkatkan kualitas konten digital, mengadopsi platform yang sesuai dengan target demo-grafi, serta menjalin kolaborasi dengan komunitas lokal untuk memperkuat kepercayaan masyarakat.
Article Details
References
Achjar, Komang Ayu Henny, Muhamad Rusliyadi, A Zaenurrosyid, Nini Apriani Rumata, Iin Nirwana, and Ayuliamita Abadi. 2023. Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis Untuk Analisis Data Kualitatif Dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
AGISTA, HANA MUTIA. 2019. “Strategi Pemasaran Produk Tabungan Simpan-an Pelajar (Simpel) BRI Syariah IB di BRI Syariah Kantor Cabang Purwokerto.” IAIN.
Ainiyah, Nur. 2018. “Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 2 (2): 221–36.
Arifin, Imamul. 2007. Membuka Cakrawala Ekonomi. PT Grafindo Media Pratama.
Arifin, Tajul. 2016. “Antropologi Hukum Islam.” Pusat penelitian dan penerbitan UIN sunan Gunung Djati.
Armayani, Reni Ria, Lisa Chintiya Tambunan, Ridha Maysaroh Siregar, Nurul Rafiqoh Lubis, and Alma Azahra. 2021. “Analisis Peran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online.” Jurnal Pendidikan Tembusai : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan 5 (3): 8920–28.
Cahyani, Yulista Arum. n.d. “Syariah Marketing Value II.” Bunga Rampai Manajemen Pemasaran Islam.
Cahyono, Anang Sugeng. 2016. “Pengaruh Media Sosial terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia.” Publiciana 9 (1): 140–57.
Chozin, Abdullah, and Taufan Adi Prasetyo. 2021. “Pendidikan Masyarakat dan Stratifikasi Sosial dalam Prespektif Islam.” Mamba’ul’Ulum, 62–73.
Creswell, J David, Laura E Pacilio, Emily K Lindsay, and Kirk Warren Brown. 2014. “Brief Mindfulness Meditation Training Alters Psychological and Neuroendocrine Responses to Social Evaluative Stress.” Psycho-neuroendocrinology 44:1–12.
Diniati, Anisa, Moch. Armien Syifaa Sutarjo, and Intan Primasari. 2023. “Pe-manfaatan Media Sosial Sebagai Alat Pemasaran Digital Bagi Pelaku UMKM Kabupaten Sumedang.” Jurnal Altifani Penelitian dan Peng-abdian Kepada Masyarakat 3 (4): 553–61. https://doi.org/10.59395/ altifani.v3i4.458.
Djazuli, Atjep. 2002. Lembaga-Lembaga Perekonomian Umat: Sebuah Pengena-lan. Divisi Buku Perguruan Tinggi, RajaGrafindo Persada.
Effendi, Arif. 2014. “Industri Perbankan Syariah di Indonesia dalam Perspektif UU Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah.” Wahana Akademika 1 (2): 151–66.
Ervina, Maharani. 2024. “Transformasi Tradisi Budaya Ruwatan Bumi Kaitan-nya Dengan Nilai-Nilai Sila Pertama Pancasila (Studi Kasus: Kampung Adat Banceuy Subang).” FKIP UNPAS.
Fatichuddin, Muhammad. 2023. “Konsiderasi Ilmu Nahu dalam Penerjemahan Al-Qur’an: Uji Sahih Al-Qur’an dan Terjemahannya Kementerian Agama Edisi 2019.” Institut PTIQ Jakarta.
Fauzy, Ahmad. 2019. “Efektivitas Pemerintahan Desa dalam Pengelolaan Dana Desa di Desa Gunung Kelambu Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah.” Ilmu Administrasi Publik.
Hisam, Muhammad. 2023. “Tinjauan Kinerja Bank Syariah Indonesia (BSI): Perkuat Aset dan Visi Misi Yang Efektif.” Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE) 4 (1): 1–17. https://doi.org/10.31 538/iijse.v4i1.1305.
Irawan, Heri, Ilfa Dianita, and Andi Deah Salsabila Mulya. 2021. “Peran Bank Syariah Indonesia dalam Pembangunan Ekonomi Nasional.” Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi dan Bisnis Islam 3 (2): 147–58. https://doi.org/10.47435/asy-syarikah.v3i2.686.
Junawan, Hendra, and Nurdin Laugu. 2020. “Eksistensi Media Sosial, Youtube, Instagram dan WhatsApp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia.” Baitul’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 41–57.
Kementrian, Agama RI. 2019. “Kementrian Agama RI.” Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. 2019.
Kerebungu, Ferdinand, Theodorus Pangalila, and Edino Lomban. 2019. Filsafat Ilmu. Ombak.
Kom, Apriansyah M. 2020. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pem-belajaran pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Sumsel.” Jurnal Digital Teknologi Informasi 1 (2): 64–70.
Kurnia, Neng Dewi, Riche Cynthia Johan, and Gema Rullyana. 2018. “Hubungan Pemanfaatan Media Sosial Instagram dengan Kemampuan Literasi Media Di UPT Perpustakaan Itenas.” Edulib 8 (1): 1–17.
Magdalena, I., Khofifah, A., & Auliyah, F. 2023. “Cendikia Pendidikan.” Cendekia Pendidikan 2 (5): 10–20. https://ejournal.warunayama.org/index. php/sindorocendikiapendidikan/article/view/769.
Makhmudah, Siti. 2019. Medsos dan Dampaknya pada Perilaku Keagamaan Remaja. Guepedia.
Misbah. 2022. “Peran Audit Syariah dalam Pengawasan Praktik Shariah Scompliance pada Lembaga Keuangan Syariah (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia KCP Kota Bima). SKRIPSI Jurusan Akuntansi Pad.”
Modern, A Apa Itu Masyarakat. n.d. “Agama Sebagai Solusi dalam Menghadapi Problematika Masyarakat Modern.”
Nurhisam, Luqman. 2017. “Etika Marketing Syariah.” IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah 4 (2): 171–93.
Nurul Fahimah, Fitri Handayani Nasution, and Chairina. 2022. “Studi Literatur Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Jumlah Nasabah pada Bank Syariah.” Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial 1 (4): 465–75. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.104.
Prasetyo, Donny. 2019. “Memahami Masyarakat dan Perspektifnya.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 1 (1): 163–75.
Putra, Mahardika. 2018. “Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran.” Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Putri, A Elit. 2019. “Strategi Promosi Melalui Media Sosial dalam Pengembang-an Produk-Produk Bank Syariah (Studi pada Bni Syariah Cabang Bengkulu)”.http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3294%0Ahttp://repository.iainbengkulu.ac.id/3294/1/Almidaelit Puteri.pdf.
Putri, M D. 2018. “Hubungan Kecanduan Media Sosial dengan Kualitas Komunikasi Interpersonal pada Usia Dewasa Awal.” Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Ramdhan, Muhammad. 2021. Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
Razak, Mashur. 2016. No Title. Makassar: Alauddin University Pers.
Reuters. 2021. “Jumlah Bank Syariah di Indonesia Meningkat.” Voa-indonesia.Com, no. 21, 1–14.
Sari, A Okta. 2020. Pengaruh Kepribadian, Kepercayaan dan Pengetahuan ter-hadap Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Syariah.
Setiadi, Ahmad. 2016. “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi.” Cakrawala-Jurnal Humaniora 16 (2).
Silmi, S. 2017. “Metoda Penelitian.” Bab III Metoda Penelitian Bab iii me:1–9.
Soenjoto, Wening Purbatin Palupi. 2018. “Tantangan Bank Syariah di Era Globalisasi.” El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business 1 (1): 79. https://doi.org/10.21154/elbarka.v1i1.1447.
Supriadi, S., & Ismawati, I. (2020). Implementasi Prinsip-Prinsip Perbankan Syariah untuk Mempertahankan Loyalitas Nasabah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah. https://doi.org/10.30595/jhes.v0i0.7002
Susanto, Heri, and Bambang Santoso. 2024. “Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Penyaluran Pembiayaan BFI Finance Cabang Sintang” 3 (3).
Syahrul, H Syahrul H. 2012. “Marketing dalam Perspektif Hukum Islam.” DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum 10 (2): 185–96.
Timothy, E S P. 2019. “Tradisi Sinamot Sebagai Bentuk Penghargaan terhadap Pihak Perempuan di dalam Hukum Perkawinan Adat Batak Toba Antara Masyarakat Modern dengan Masyarakat Tradisional.”
Wijaya, Hengki. 2019. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.