Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Pemahaman Akuntansi Pada Siswa SMK Negeri 1 Selayar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap pemahaman akuntansi pada siswa SMK Negeri 1 Selayar. Variabel dalam penelitian ini adalah: (1) pemahaman akuntansi sebagai variabel terikat yang diukur dengan nilai mata pelajaran akuntansi keuangan, dan (2) model pembelajaran direct instruction sebagai variabel bebas yang diukur dengan orientasi, presentasi, latihan terstruktur, latihan terbimbing, dan latihan mandiri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa akuntansi SMK Negeri 1 Selayar, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji instrument, uji normalitas, analisis statistik deskriptif, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh model persamaan regresi linear sederhana Y=7,810 + 2,390X yang berarti tiap bertambahan satu nilai model pembelajaran direct instruction, maka pemahaman akuntansi siswa kelas XI AKL bertambah 2,390 satuan. (2) Dari hasil analisis uji-t bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti model pembelajaran direct instruction berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pemahaman akuntansi pada siswa SMK Negeri 1 Selayar, dengan demikian hipotesis dapat “diterima”. (3) Dari hasil analisis koefisian determinasi (KD) diperoleh Nilai r2 = 95,4 % yang menunjukkan bahwa model pembelajaran direct instruction memiliki kontribusi terhadap pemahaman akuntansi siswa sebesar 95,4% dan sisanya sebesar 4,6% dipengaruhi oleh faktor lain.
Article Details
References
Arnila, R. A., & Ahyani, H. (2021). Peningkatan Pemahaman Dasar Akuntansi Mahasiswa melalui Penerapan Direct Instruction Dengan Media Worksheet. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 389. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i2.40853
Lubis, R., & Khairunnisa. (2020). Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan IPS, 1(1), 20–29.
Santoso, A. (2020). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Renang Gaya Dada Melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung Pada Siswa Kelas IX C SMP Negeri 3 Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV), 1(1), 45–54.
Shahrul, S. (2022). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Hein Namotemo). Jurnal Audit Dan Perpajakan (JAP), 2Shahrul,(2), 33–40. https://doi.org/10.47709/jap.v2i2.1881
Shoimin, A. (2014). model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Ar Ruzz Media.
Sitompul, D. N., & Cahya (2022). Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Dengan Model Pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Swasta Al-Washliyah 3 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 5(3), 23–29.
Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Taufiqurrohman, T., Mudawanah, S., & Muthanudin, M. (2021). Pengaruh Pemahaman Akuntansi Dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Pemerintahan Kabupaten Lebak. Jurnal Studia Akuntansi Dan Bisnis (The Indonesian Journal of Management & Accounting), 9(2).
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 15.