Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi SMKN 7 Pangkep
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi SMKN 7 Pangkep, variabel dalam penelitian ini adalah (1) Motivasi belajar siswa sebagai variabel bebas, (2) Minat belajar siswa sebagai variabel bebas dan (3) prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa akuntansi SMKN 7 Pangkep, sampel penelitian ini sebanyak 47 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Minat belajar juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Secara simultan, motivasi dan minat belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. dan koefisien determinasi (R2) berpengaruh sebesar 99,4% yang menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi dan minat belajar semakin tinggi pula prestasi belajar.
Article Details
References
Adiarta, A. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo.
Hapudin, M. H. (2021) Teori Belajar dan Pembelajaran : Menciptakan Pembelajaran yang kreatif dan efektif. Jakarta :Kencana.
Hidayah, S. N, Zulaihati, S. dan Sumiati, A. (2023). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Di SMKN 46 Jakarta. Jurnal kajian ilmu akunntansi Universitas Muhammadiyah Jakarta. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/KIA/article/download/18473/9124
Husaini, F., Hasanah, M., Rizky, H. M., & Ratumbusyang, M. F. N.G. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Kelas X SMK Negeri 1 Banjarmasin. Jurnal pendidikan ekonomi (JUPE). 12(1). 113. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/58054.
Julianti, U. F. (2022). Prestasi Belajar Mahasiswa kaitannya dengan kualitas pembelajaran dosen. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Prastika, Y. D. (2021). Hubungan Minat Belajar dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Imliahh Matematika Realistik (JI-MR). 2(2). 31. https://scholar.google.co.id/scholar?as_ylo=2020&q=minat+belajar&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1726023798209&u=%23p%3Dw8Uzs30NpIQJ
Putra, V. W. D. & Listiadi, A. (2022). Pengaruh Motivasi, Minat, Intensitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pengantar Akuntansi dan Keuangan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK). 8(3). https://scholar.google.co.id/scholar?as_ylo=2020&q=pengaruh+motivasi+dan+minat+terhapad+prestasi+belajar+siswa+mata+pajaran+kauntansi+&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1727080460289&u=%23p%3DQRwlj44CdSQJ
Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Prosiding Seminar nasional pendidikan dasar (h. 293). Gorontalo: Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo https://scholar.google.co.id/scholar?cluster=12373678789492823667&hl=id&as_sdt=2005&sciodt=0,5#d=gs_qabs&t=1725784222710&u=%23p%3Dc1aB7EwjuKsJ
Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2). 116. https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/download/114/102#:~:text=Dengan%20kata%20lain%20bahwa%20ketiga,di%20miliki%20oleh%20setiap%20siswa
Syah, M. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Undang - Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Undang - Undang Nomor 12 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional
Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wahab, V. Z, Rahman, N. A. dan Fitri, M. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah Maumere. Ecoducation Economics & Education Journal. 3(1). 63. https://scholar.google.co.id/scholar?as_ylo=2020&q=pengaruh+motivasi+terhadap+prestasi+belajar+berpengaruh+negatif&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1728721791516&u=%23p%3DEeMaPCVSpykJ