Strategi Promosi Pemasaran Produk Pembiayaan Mudharabah Bank Syariah Indonesia KCP Bantaeng dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Kabupaten Bulukumba
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi promosi pemasaran produk pembiayaan mudharabah yang diterapkan oleh bank syariah KCP bantaeng serta mengevaluasi dampaknya terhadap peningkatan pendapatan pelaku UMKM di kabupaten bulukumba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawncara mendalam, observasi, dan dokumenstasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari pihak manajemen BSI KCP Bantaeng serta para pelaku UMKM penerima pembiayaan mudharabah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi promosi yang digunakan oleh BSI meliputi pendekatan langsung pada nasabah, pemanfaatan media digital, serta kegiatan edukatif tentang prinsip pembiayaan syariah. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan akses informasi dan pemahaman keuangan syariah dikalangan pelaku UMKM, pembiayaan mudhrabah terbukti berkontribusi dalam meningkatkan modal usaha, volume produksi, serta pendapatan UMKM. Penelitian ini menenkakan pentingnya promosi yang berkelanjutan dan edukatif sebagai sarana untuk memperluas jangkauan layanan syariah disektor UMKM.
Article Details
References
A, Asmawati, Trimulato T, and Ismawati I. “Strategi Pemasaran Produk Tabungan Meningkatkan Minat Masyarakat Di Bank Syariah Indonesia KCP Takalar Sulawesi Selatan.” Jurnal Hukum Ekonomi Syariah 5, no. 2 (2022): 169. https://doi.org/10.30595/jhes.v5i2.13792.
Abdul Kohar Septyadi, Muhammad, Mukhayati Salamah, and Siti Nujiyatillah. “Literature Review Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3, no. 1 (2022): 301–13. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.876.
Abidin, Ahmad Zaenal, Moh. Rasyid, and Rezkia Zahara Lubis. “Pembiayaan Mudharabah Bertingkat Pada Bank Umum Syariah Mudharabah Finance In Sharia Commercial Banks Ahmad Zaenal Abidin, Moh. Rasyid, Rezkia Zahara Lubis.” Iqtisadie 1, no. 2 (2021): 141–73.
Anugrah, G. S. ., Mumtahaen, I. ., & Nopianti, N. . (2025). Implementasi Akad Rahn Pada Pelaksanaan Gadai Sawah. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(2), 102–117. https://doi.org/10.62421/jibema.v3i2.161
Arifen, Syifa Rahmiani, Virda Dwi Purwanty, and Dhesta Aprilla Suci. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM.” Jurnal Administrasi Bisnis 29, no. 1 (2019): 59–66.
Arwin, Elserra Siemin Ciamas, Rina Friska B Siahaan, William Vincent, and Rudy. “Analisis Stress Kerja Pada PT. Gunung Permata Valasindo Medan.” Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), no. 1 (2019): 75–78. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html.
Aryono, M. D., & Arya Wiguna, I. N. . (2025). Analisis Implementasi Pemindahbukuan pada Layanan e-PBK terhadap Efevtivitas Kinerja Pegawai di Instansi Pengelola Pajak . JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(2), 77–88. https://doi.org/10.62421/jibema.v3i2.147
Catherine, Eileen Mirabelle, Ghandi, Novita, Tryen Lux Shandova Manalu, and Vian Ervina. “Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen Perbandingan Instrumen Pembiayaan Bank Mega Syariah: Mudharabah, Musyarakah, Ijarah, Istisna, Dan Murabahah.” Inisiatif: Jurnal Ekonomi, Akuntansi Dan Manajemen 3 (1), no. 1 (2024): 171–79. https://doi.org/10.30640/inisiatif.v3i1.2026.
Charismana, Dian Satria, Heri Retnawati, and Happri Novriza Setya Dhewantoro. “Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta.” Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn 9, no. 2 (2022): 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333.
Fatimah, Siti. “Nasabah Pengguna Layanan Bank Syariah Indonesia” 7, no. 2 (2024): 74–88.
Garaika, Garaika, and Winda Feriyan. “Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta.” Jurnal AKTUAL 16, no. 1 (2019): 21–27. https://doi.org/10.47232/aktual.v16i1.3.
Gunawan, Go Liana Chayani. “Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian.” Performa 5, no. 2 (2021): 166–75. https://doi.org/10.37715/jp.v5i2.1738. Guru, Pendidikan, Sekolah Dasar, and Universitas Madako Tolitoli. “Analisis
Hapsari, M. T., Zamzama, D. A., Sujiatmiko, D. P. S., Umroh, R. U. Z., & Kusumadewi, R. T. (2025). Analisis Rasio Keuangan Daerah dalam Laporan Realisasi Anggaran. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(2), 154–164. https://doi.org/10.62421/jibema.v3i2.175
Intan Ardella. “Analisis Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Gaya Belajar Siswa Berprestasi Di SD Negeri 5 Tolitoli” 1, no. 1 (2022): 13–24.
Ismawati, Ismawati. “Peran Dan Strategi Marketing Funding Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri KCP Panakukang Kota Makassar.” Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah 3, no. 1 (2019): 70. https://doi.org/10.24252/al-mashrafiyah.v3i1.7740.
Ismawati, Muh. Taufik, Annisa Fitri. “Pengaruh Pembiayaan Mudharabah,Musyarakah Dan Murabahah Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia (Studi Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2015-
Jurnal, Law. “Pengaturan Pengembangan Umkm Di Indonesia Halida Zia Ringkasan Pembangunan Nasional Berdasarkan Konstitusi Negara Indonesia Yakni Terdapat Dalam Pasal 33 UUD 1945 Tentang Demokrasi Ekonomi . Salah Satunya Adalah Ekonomi Kerakyatan Yang Dapat Berkembang Me” 1, no. 1 (2020).
Khuluddiyah, Zulaikhatul, and Eka Wahyu Hestya Budianto. “Pengaruh Npf Gross, Pendapatan Mudharabah, Dan Wadiah Terhadap Penerimaan Dana Ziswaf Firm Size Sebagai Variabel Moderasi Pada Syariah Di Indonesia Periode Tahun 2018-2023.” Jafta 6, no. September (2024): 50–74.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of marketing (Edisi ke-17). Harlow: Pearson Education.
Lestari, Arini, and Nuri Aslami. “Strategi Pemasaran Produk Asuransi Syariah.” Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam 21, no. 2 (2022):80–89. https://doi.org/10.47467/mk.v21i2.882.
Millah, Ahlan Syaeful, Dede Arobiah, Elsa Selvia Febriani, and Eris Ramdhani. “Analisis Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas” 1, no. 2 (2023): 140–53.
Muhlis, Samsul Arifai, Sudriman, Ismawati, St.Hafsah Umar, and Supriadi. “Reputasi Bank Terhadap Preferensi Menabung Di Bank Syariah Indonesia ( Bsi ).” Bisnis, Manajemen, Dan Informatika (JBMI) 20, no. 2 (2023): 185–208. https://doi.org/10.26487/jbmi.v20i2.25178.
Muljanto, Muhammad Agus. Pencatatan Dan Pembukuan Via Aplikasi Akuntansi UMKM Di Sidoarjo, n.d. 2019).” Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam 1, no. 1 (2020): 1–15. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/ibef.
Mumtahaen, I. (2025). Analisis PT. Bio Farma Dalam Perspektif Maqashid Syariah. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(4), 275–282. https://doi.org/10.62421/jibema.v2i4.126
Nasution, Sumiah. “Pembiayaan Syariah Dalam Peningkatan Ekonomi Umat.” Jurnal Serambi Ekonomi Dan Bisnis 7, no. 1 (2024): 295–302. https://ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/serambi-ekonomi-dan- bisnis/article/view/7390.
Pematangsiantar, Cabang, D I Era, Zafirah Rizky Amani, Dwi Putri, Aisyah Harahap, and Salian Syahandini. “Pendampingan Pemasaran Umkm Toko Arumi Shop” 3 (2023): 159–65.
Produk Kpr Pada Pengalihan Utang (Take Over) Di Bank Syariah Indonesia Cabang Madiun.” Skripsi, 2021, 24. https://ia801900.us.archive.org/19/items/kitab-terjemah-ind/Tafsir Qurthubi 06.pdf.
Puspitarini, Dinda Sekar, and Reni Nuraeni. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi.” Jurnal Common 3, no. 1 (2019): 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950.
Putri, Nanda Kartika. “Prinsip Perdagangan Dalam Islam Menurut Tafsir Al- Qur ’ an :” Jurnal Sahmiyya 3, no. 2 (2024): 350.
R, Abd Rahman, and U I N Alauddin Makassar. “Vol+4,+2,+5+Problematika+Perkembangan+Perbankan+Syariah+di+I ndonesia” 4, no. 2 (2023): 36–41.
Riska, Riska Aulia, and Hasbullah Hasbullah. “Strategi Pemasaran Perbankan Syariah Untuk Menarik Minat Menabung Masyarakat Milenial.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB) 4, no. 1 (2023): 39–46. https://doi.org/10.57084/jmb.v4i1.1007.
Rokhilawati, Yeny. “Analisis Strategi Pemasaran Pada Produk Simpanan Mudharabah Di Bmt Nusantara Cabang Glenmor.” RIBHUNA : Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah 1, no. 2 (2022): 1–11. http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/ribhuna/article/view/1512/885.
Sari, Dian Wulan, Rizkha Afrianto, and Universitas Bina Insan. “HIDUP UMKM DI WILAYAH KOTA BENGKULU” 1, no. 1 (2023).
Seran, Renyarosari Bano, Elia Sundari, and Muinah Fadhila. “Strategi Pemasaran Yang Unik: Mengoptimalkan Kreativitas Dalam Menarik Perhatian Konsumen.” Jurnal Mirai Management 8, no. 1 (2023): 206–11. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/download/4054/2644.
Setiawan, Iwan. “Pembiayaan Umkm, Kinerja Bank Syariah Dan Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia.” Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah 6, no. 2 (2021): 263–78. https://doi.org/10.36908/isbank.v6i2.165.
Utama, Andrew Shandy. “Digitalisasi Produk Bank Konvensional Dan Bank Syariah Di Indonesia.” Jurnal Justisia : Jurnal Ilmu Hukum, Perundang- Undangan Dan Pranata Sosial 6, no. 2 (2021): 113. https://doi.org/10.22373/justisia.v6i2.11532.
Widyamati, Sagita, Muhammad Iqbal Fasa, and Suharto. “Analisis Strategi Promosi Terhadap Analisa Pengembangan Produk Perbankan Syariah.” Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMAK) 1, no. 3 (2022): 355–68. https://ejournal.lapad.id/index.php/jebmak/article/view/25/24.