Efektivitas Strategi Pemasaran Word of Mouth dan Sosial Media Dalam Menarik Minat Nasabah Untuk Menggunakan Produk Mudharabah dan Wadiah di Bank Sulselbar Syariah Makassar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas strategi pemasaran Word of Mouth (WOM) dan media sosial dalam menarik minat nasabah untuk menggunakan produk tabungan mudharabah dan wadiah pada Bank Sulselbar Syariah Makassar. Dengan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif analitik, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner terhadap nasabah aktif pengguna dua produk tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi pemasaran media sosial efektif dalam menjangkau nasabah baru secara luas, sementara WOM menunjukkan pengaruh yang lebih signifikan karena berbasis pada rekomendasi dan pengalaman pribadi yang menumbuhkan kepercayaan. Penelitian ini menegaskan bahwa integrasi kedua strategi secara sinergis dapat menjadi pendekatan yang optimal dalam menarik minat nasabah pada produk- produk keuangan syariah.
Article Details
References
Artanti, Atmariani, dan Hendri Hermawan Adinugraha, “AmaNU : Jurnal Manajemen dan Ekonomi AmaNU : Jurnal Manajemen dan Ekonomi AmaNU : Jurnal Manajemen dan Ekonomi AmaNU : Jurnal Manajemen dan Ekonomi,” 3.2 (2020), hal. 224–35
As’ad, Ajmal, Muhammad Syafii Basalamah, dan Asdar Djamereng, “Strategi Pemasaran Jasa dalam meningkatkan Jumlah Nasabah PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar,” Ekomonika, 4.1 (2020), hal. 75
Awaluddin, Murtiadi, Mutakallim Sijal, Sukman Sukman, Semuel Souhoka, Fahmi Sulaiman, Sri Prilmayanti Awaluddin, et al., Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis, 2024
Azizah, Nur Isna, Rismawati Prizka Arum, dan Rochdi Wasono, “Model terbaik uji multikolinearitas untuk analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi padi di Kabupaten Blora tahun 2020,” Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 4 (2021), hal. 61–69 <https://scholar.google.com/scholar?as_ylo=2021&q=uji+autokorelasi+adalah&hl=id&as_sdt=0,5>
Azizah, Nurul, “Strategi Manajemen Pemasaran,” Yayasan Kita Menulis, 2.6 (2022), hal. 1–9
Bahfiarti, Tuti, Aurellia Addie Zeeva Theriady, Devi Akmalia, dan Teguh Ardiansyah Sabir, “Penggunaan Media Sosial pada Calabai di Sulawesi Selatan,” Jurnal Komunikasi Global, 10.2 (2021), hal. 197–213, doi:10.24815/jkg.v10i2.22343
Batubara, Zakaria, dan Eko Nopiandi, “Analisis pengaruh inflasi, nilai tukar dan bi rate terhadap tabungan mudharabah pada perbankan syariah di indonesia,” 1.1 (2020), hal. 53–68
Chandra, Meliana, Ferdinandus Sampe, dan Abner Tahendrika, “Pengaruh Store Atmosphere Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Labuana Resto & Cafe Makassar,” Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Terapan (JESIT), 3.2 (2023), hal. 229–46, doi:10.47178/tqy43t58
FAUZAN, Muhammad Assydik, Samsul. "Keunggulan Produk Dan Penerapan Nilai Islam Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah". Islamic Banking, Economic and Financial Journal, 2022, 2.2: 103-118
Fitriana, Elma, “Akad Wadiah dan Akad Mudharabah pada Produk Tabungan Bank Syariah (Analisis Perbandingan),” 2021, hal. 1–9
Fitriya, Hadiyati, dan Endang Ahmad Yani, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Ekonomi Islam (Studi Kasus : Stei Sebi),” Jurnal ekonomi dan perbankan Syariah, 2.1 (2014), hal. 99–130
Hamdi, Asyraf, dan Wahyudi, “Pengaruh Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi Ole Brand Image,” Study Of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 5.2 (2024)
Hapsara, Dr. Osrita, Wenny Desty Febrian, Dr. Nuzleha, Indra Sani Sani, dan Dr. Lustono, MANAJEMEN PEMASARAN JASA (MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN), 2021 <https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/565386-manajemen-pemasaran-jasa-membangun-loyal-5b7fb650.pdf>
Haque-fawzi, Marissa Grace, ahmad syarief Iskandar, Heri Erlangga, Nurjaya, Denok Sumarsi, dan I, STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi, Pascal Books, 2022 <http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/4973>
Haryanto, M M, dan D R Rudy, Manajemen Pemasaran Bank Syariah (Teori dan Praktik), 2020 <http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/356%0Ahttp://repository.iainmadura.ac.id/356/5/Manajemen Pemasaran Bank Syariah %28Rudy Haryanto%29 B5.pdf>
Hasibuan, Mhd Panerangan, Rezki Azmi, Dimas Bagus Arjuna, Sri Ulfa Rahayu, Universitas Islam, dan Negeri Sumatera, “Analisis Pengukuran Temperatur Udara Dengan Metode Observasi,” 1 (2023)
Herdiyani, Sankist, Lina Auliana, dan Iwan Sukoco, “PERANAN MEDIA SOSIAL DALAM MENGEMBANGKAN SUATU BISNIS :,” 18.2 (2022), hal. 103–21
Irwandi et al, “Efektivitas penggunaan media sosial dalam pendidikan di kota makassar provinsi sulawesi selatan,” 9.1 (2024)
Ismail, Muhammad Ilyas, dan Nurfikriyah Irhashih Ilyas, Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, 1 ed. (PT RajaGrafindo Persada, 2023)
Janna, Nilda Miftahul, “Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan spss,” 18210047, 2021
Katsir, Ibnu, Tafsir Al-Quran Al-Azim Jilid II, Dar al-kutub al-Ilmiyah (2004)
Kementrian Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemahnya, 2018
Kurnialis, Sri, Zahrotul Uliya, dan Miftahul Aulasiska, “Perkembangan Perbankan Syariah Di Negara Muslim,” 5 (2022), hal. 109–19