Strategi Conversation Dan Collaboration Sebagai New Wave Marketing Dalam Meningkatkan Daya Saing Produk Wadiah Tabungan Haji Pada PT. Bank Syariah Indonensia Tbk Kantor Cabang Pembantu Bulukumba Lanto Daeng Pasewang

Main Article Content

Ade Rabiatul Hadramiah
Siti Fatimah
Muhammad Taufiq

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi, dampak dan tantangan pada strategi conversation dan collaboration sebagai new wave marketing dalam meningkatkan daya saing  Produk Wadiah Tabungan Haji Pada PT. Bank Syariah Indonesia Tbk  KCP Bulukumba  Lanto Daeng Pasewang. Kualitatif merupakan metode penelitian yang digunakan, dengan informan  dalam penelitian ini yaitu Consumer  Banking Retail Manager,  Costumer Sales Executive, dan Sales Force. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh indikator dalam strategi conversation dan collaboration telah diterapkan secara efektif oleh BSI KCP Bulukumba Lanto Daeng Pasewang. Dampak penerapan strategi terlihat dari peningkatan jumlah nasabah, meskipun pertumbuhan nilai tabungan masih fluktuatif. Tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya, inkonsistensi pelayanan, dan kerja sama eksternal yang belum optimal.

Article Details

Section
Articles

References

ALbdillalh, F. R. (2024). ULrgensi Kolalboralsi Stalkeholder dallalm Peningkaltaln Kulallitals Lalyalnaln Pulblik. Julrnall Intervensi Sosiall Daln Pembalngulnaln (JISP). https://doi.org/10.30596/jisp.v5i1.14736

ALbdull, AL. R., Malndiri, D. P., ALstulti, W., & ALrkoyalh, S. (2022). Talntalngaln Perkembalngaln Perbalnkaln Syalrialh Di Indonesial. Julrnall Talbalrrul Islalmic Balnking alnd Finalnce, 5(2), 352–365. https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(2).9505

ALgulstini, AL., Gralshintal, AL., Pultral, S., Sulkalrmaln, F. AL., Gulalmpe, J. S., ALkbalr, J. S., Lulbis, M. AL., Malryalti, I., Ririnisalhalwalituln, R., Mesral, R., Salri, M. N., Tuleralh, P. R., Ralhmaldhalni, M. V., & Rullalnggi, R. (2023). Metode penelitialn kulallitaltif teori daln pralktik alnallisis daltal kulallitaltif (Cetalkaln pertalmal). PT. Mifalndi Malndiri Digitall.

ALlalndral, K., & Yulnital, I. (2022). ALnallisis Perbalndingaln Kinerjal Keulalngaln daln Kinerjal Palsalr Sebelulm daln Sesuldalh ALkulisisi paldal Perulsalhalaln Pengalkulisisi (Stuldi Kalsuls paldal Perulsalhalaln Pulblik yalng Melalkulkaln ALkulisisi paldal Talhuln 2019-2020). MBIAL, 21(2), 200–212. https://doi.org/10.33557/mbial.v21i2.1876

ALli, L., Yee, W., Imm, N., & ALkhtalr, M. (2018). Price falirness, gulest emotions, saltisfalction, alnd behalviorall intentions in peer to peer alccommodaltion sector. Joulrnall of Globall Bulsiness Insights, 3(2), 41–51.

ALrsiwi, P., & ALdi, P. W. (2020). Interpretive Strulctulrall Modelling ulntulk meningkaltkaln dalyal saling ralntali Palsok ULKM Minal Indo Sejalhteral. Julrnall PALSTI (Penelitialn Daln ALplikalsi Sistem Daln Teknik Indulstri), 14(1).

De Oliveiral, D. Q., & De Soulzal Júnior, AL. AL. (2022). Malrketing innovaltions in the falce of the digitall revolultion alnd the pulsh of emerging technologies. Deleted Joulrnall, 10(9), 137–147. https://doi.org/10.31686/ijier.vol10.iss9.3894

Del Pilalr Palsculall-Fralile, M., Villalcé-Molinero, T., Tallón-Balllestero, P., & Chalperon, S. (2024). Post-palndemic collalboraltive destinaltion malrketing: Effectiveness alnd impalct on different generaltionall aluldiences. Joulrnall of Valcaltion Malrketing. https://doi.org/10.1177/13567667231224091

Emalnalwalti. (2023). Straltegi digitall malrketing dallalm meningkaltkaln julmlalh nalsalbalh di eral New Walve Malrketing (Skripsi, ULniversitals Islalm Negeri Syekh ALli Halsaln ALhmald ALddalry Paldalng Sidimpulaln).