Pengaruh Tingkat Knowledge dan Skill Pemasaran Syariah Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah

Main Article Content

Fitri Ramadani
Supriadi
Muhammad Taufiq

Abstract

Bank syariah hadir sebagai alternatif solusi bagi umat Islam dalam menghindari sistem riba yang dilarang dalam ajaran Islam. Salah satu tujuan utama dari lembaga keuangan syariah adalah mendorong masyarakat agar menyimpan dananya pada sistem yang sesuai dengan prinsip syariat. Dalam hal ini, pengetahuan (knowledge) dan keterampilan pemasaran syariah (skill pemasaran syariah) menjadi faktor penting yang dapat mempengaruhi minat seseorang untuk menabung di bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat knowledge dan skill pemasaran syariah terhadap minat menabung mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar di bank syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif FEBI UIN Alauddin Makassar dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang diambil menggunakan metode accidental Sampling. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi logistik ordinal dengan bantuan software IBM SPSS Statistics 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Tingkat Knowledge (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di bank syariah. Begitu pula dengan variabel Skill Pemasaran Syariah (X2) yang berpengaruh positif dan signifikan. Secara simultan, kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap Minat Menabung (Y) mahasiswa di bank syariah. Meskipun demikian, temuan ini memberikan gambaran pentingnya meningkatkan literasi dan kemampuan komunikasi pemasaran syariah di kalangan mahasiswa untuk memperkuat minat terhadap lembaga keuangan berbasis syariah

Article Details

Section
Articles

References

Afrillia, Winda, Achmad Fauzi, Delila Rambe, Tri Anggraeni, Nyai Rika Ambarwati, and Hambdy Febrian, ‘Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Nasabah Pada Bank Syariah’, Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1.3 (2022), pp. 212–18

Agung, Wahyu, Denny Hernawan, and Berry Sastrawan, ‘Pengaruh Kualitas Sistem Aplikasi E-Coklit Terhadap Pemilihan Umum 2024 Di Kabupaten Bogor’, Karimah Tauhid, 3.8 (2024), pp. 9132–41

Andespa, Roni, ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menabung Di Bank Syariah’, Al Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan, 2.1 (2017), pp. 43–57

Anugrah, G. S. ., Mumtahaen, I. ., & Nopianti, N. . (2025). Implementasi Akad Rahn Pada Pelaksanaan Gadai Sawah. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(2), 102–117. https://doi.org/10.62421/jibema.v3i2.161

Arnita Niroha Halawa, and Dety Mulyanti, ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Kualitas Mutu Instansi Pendidikan Dan Pembelajaran’, Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2.2 (2023), pp. 57–64, doi:10.58192/insdun.v2i2.757

Aryono, M. D., & Arya Wiguna, I. N. . (2025). Analisis Implementasi Pemindahbukuan pada Layanan e-PBK terhadap Efevtivitas Kinerja Pegawai di Instansi Pengelola Pajak . JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(2), 77–88. https://doi.org/10.62421/jibema.v3i2.147

Farhan, R., Agustiawan, & Ahyaruddin, M. . . (2025). Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(2), 118–153. https://doi.org/10.62421/jibema.v3i2.166

Fatmah Rahmawati, Olga, and Laily Fauzatul Laily Nisa, ‘Analisis Pengetahuan Mahasiswa Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Bank Syariah’, Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen, 2.3 (2024), pp. 115–26, doi:10.59024/jise.v2i3.787

Harigustian, Yayang, ‘Hubungan Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Tentang Triage Dengan Keterampilan Triage Pada Praktik Klinik Keperawatan Gawat Darurat Dan Manajemen Bencana’, Jurnal Keperawatan AKPER “YKY” YOGYAKARTA, 13.1 (2021), pp. 24–27 <http://ejournal.akperykyjogja.ac.id/index.php/yky/article/download/36/27>

Hariputra, Rakhmad Pribowo, Sarjon Defit, and Sumijan, ‘Analisis Sistem Antrian Dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Menggunakan Metode Accidental Sampling’, Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 4 (2022), pp. 70–75, doi:10.37034/jsisfotek.v4i2.127

Hapsari, M. T., Zamzama, D. A., Sujiatmiko, D. P. S., Umroh, R. U. Z., & Kusumadewi, R. T. (2025). Analisis Rasio Keuangan Daerah dalam Laporan Realisasi Anggaran. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(2), 154–164. https://doi.org/10.62421/jibema.v3i2.175

Hasanah, Ulfiatun, and M Rizal Permadi, ‘Pengaruh Media Booklet Terhadap Pengetahuan Remaja Putri Mengenai Stunting Di Kabupaten Probolinggo’, Harena : Jurnal Gizi, 1.1 (2020), pp. 56–64

Hasniaty, Alexzander Widayantoro, and Syamsuddin Bidol, ‘Pengaruh Motivasi Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Dengan Kepuasan Kerja Pegawai Sebagai Variabel Intervening Pada Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Penajam Paser Utara’, YUME : Journal of Management, 7.1 (2024), pp. 93–107

Izza, N., Mile, Y. ., & Jurana. (2025). Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Manfaat dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Aplikasi Online Maxim di Kota Palu . JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(2), 89–101. https://doi.org/10.62421/jibema.v3i2.160

Latifa, H. (2025). Determinan Kinerja Keuangan Perusahaan Kosmetik. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(2), 63–76. https://doi.org/10.62421/jibema.v3i2.155

Maullah, Siti, and Mohammad Rofiuddin, ‘Mengukur Minat Berwirausaha Dengan Menggunakan Pendekatan Theory of Planned Behavior Dan Religiusitas’, Journal of Management and Digital Business, 1.2 (2021), pp. 105–21, doi:10.53088/jmdb.v1i2.49

Miftahul Jannah, Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Kualitas Layanan, Dan Tingkat Literasi Perbankan Syariah Terhadap Pengambilan Keputusan Menggunakan Produk Perbankan Syariah (Studi Epiris Dari Masyarakat Di Kabupaten Aceh Besar), הארץ, 2022

Mujaddid, Fajar Pndu Tezar Adi Nugroho, ‘Pengaruh_Pengetahuan_Reputasi_Lingkungan’, Jurnal Ekonomi Islam, 10 (2019), pp. 14–37

Mulato, Tri, Sudirman Sudirman, Kamaruddin Kamaruddin, and Iryani Iryani, ‘Pengembangan Program Studi Perbankan Syariah Berbasis Integrasi Peran Bank Syariah Bagi Sektor Riil UMKM’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7.2 (2021), pp. 621–37, doi:10.29040/jiei.v7i2.2474

Munandar, Aris, and Ahmad Hasan Ridwan, ‘Tafsir Surat An-Nisa Ayat 29 Sebagai Landasan Hukum Akad Ba’i Assalam Dalam Praktek Jual Beli Online’, Rayah Al-Islam, 7.1 (2023), pp. 271–87, doi:10.37274/rais.v7i1.659

Muskar, Yuni Anggrayini, and Yafi Sabila Rosyad, ‘Validitas Dan Reliabilitas Depression Anxiety Stress Scale For Youth (DASS-Y) Versi Bahasa Indonesia’, Informasi Dan Promosi Kesehatan, 3.1 (2024), pp. 23–29, doi:10.58439/ipk.v3i1.215

Novianti, Alifah Dwi, and Luqman Hakim, ‘Pengaruh Pengetahuan, Produk Dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Dengan Variabel Moderating Persepsi’, Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9.1 (2021), pp. 116–22, doi:10.26740/jpak.v9n1.p116-122

Nurfadillah, Wanda, Ari Saptono, and Fitra Dila Lestari, ‘Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Keterampilan Abad-21 Pada Sma Negeri 36 Jakarta’, European Journal of Higher Education and Academic Advancement, 1.7 (2024), pp. 25–30, doi:10.61796/ejheaa.v1i7.719

Pratiwi, Richa, Bambang, and Yusli Mariadi, ‘Pengaruh Religiusitas, Corporate Image Dan Pengetahuan Masyarakat Terahadap Minat Menabung Pada Bank NTB Syariah Di Lombok’, Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 4.1 (2024), pp. 43–55, doi:10.29303/risma.v4i1.984

Prihesti, Aprilia, Persepsi Wajib Pajak Mengenai Sanksi Perpajakan, Sistem Perpajakan Dan Pemahaman Perpajakan Yang Mempengaruhi Penggelapan Pajak (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kpp Pratama Pati), Universitas Islam Sultan Agung, 2022

Putri, Mutiara Eka, ‘Publik Untuk Menggunakan Produk Dan Jasa (Klinik Dermalove)’

Rahman, Aulia, and Wedra Aprison, ‘Pendidikan Islam Dalam Berbagai Sudut Pandang’, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1.2 (2022), pp. 423–30, doi:10.31004/jpion.v1i2.70

Rudi Haryono, ‘Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah’, Journal of Comprehensive Islamic Studies, 1.1 (2022), pp. 133–56, doi:10.56436/jocis.v1i1.95

Semaun, Syahriyah, Musdalifah Musdalifah, Sitti Cheriyah Rasyid, and Rukiah Rukiah, ‘Pengaruh Karakteristik Sharia Marketing Terhadap Minat Menabung Nasabah Di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Pinrang’, DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum, 20.1 (2022), pp. 19–41, doi:10.35905/diktum.v20i1.2595

Shalihah, Kamilah, and Deden Gandana Madjakusumah, ‘Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Perbankan Syariah Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank X Sukabumi’, Jurnal Riset Perbankan Syariah, 2022, pp. 91–96, doi:10.29313/jrps.v1i2.1565

Sukmaningrum, Swastinitya, and Mudji Rahardjo, ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Berwirausaha Mahasiswa Menggunakan Theory of Planned Behavior’, Diponegoro Journal of Management, 6.3 (2017), pp. 2337–3792 <http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr>

Sunantri, Sri, ‘Penafsiran Mubazzir Dalam Al- Qur ’ an ( Studi Analisis Tafsir Al-Khazin )’, 7.1 (2024), pp. 23–36

Suriani, Nidia, Risnita, and M. Syahran Jailani, ‘Konsep Populasi Dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan’, Jurnal IHSAN : Jurnal