Pengaruh Layanan Toko Ritel, Keragaman Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Tidak Terencana di Indomaret Ngemplak Boyolali

Main Article Content

Adisti Nur Aini Ayundasari
Titin Hargyatni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh layanan toko ritel, keberagaman produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian tidak terencana pada konsumen Indomaret Tepak Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 170 responden yang pernah berbelanja di Indomaret. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan uji t dan uji F pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial layanan toko ritel, keberagaman produk, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian tidak terencana. Promosi terbukti menjadi faktor paling dominan dalam mendorong konsumen melakukan pembelian spontan. Secara simultan, ketiga variabel independen tersebut juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian tidak terencana.


Kata kunci: layanan toko ritel, keberagaman produk, promosi, pembelian tidak terencana

Article Details

Section
Articles

References

Arsi, A. (2021). Realibilitas Instrumen Dengan Menggunakan Spss. Validitas Realibilitas Instrumen Dengan Menggunakan Spss, 1–8.

Atmaja, H. S., Achsa, A., & Sijabat, Y. P. (2023). Pengaruh sales promotion, store atmosphere, dan kualitas pelayanan terhadap impulse buying pada konsumen alfamart kota magelang magelang city. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 4(1), 98–105. https://doi.org/10.31289/jimbi.v4i1.1773

Foultaqy Simbolon, A. S., Suyanto, & Zulkifli. (2022). Pengaruh Promosi, Lokasi, Keragaman Produk Dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian Di Indomaret Samarinda. OBOR: Oikonomia Borneo, 4(2), 130–145. https://doi.org/10.24903/obor.v4i2.1652

Kawulusan, V. T., Ogi, I. W. J., & Moniharapon, S. (2023). Pengaruh Display Produk, Tagline Dan Perilaku Hedonic Shopping Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Di Mr D.I.Y Manado Town Square. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(4), 161–172. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51640

Maulidiyah, I. Z., & Handoko, Z. (2024). Bridging: Journal of Islamic Digital Economic and Management. Journal of Islamic Digital Economic and Management, 2(1), 56–63. https://journal.alshobar.or.id/index.php/bridging

Muhamad Yusup Ginanjar Trisnadi, Ade Komaludin, & Edy Suroso. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Athmosphere Store, Bundling Product dan Point Of Purchase terhadap Impulsive Buying Melalui Corporate Image Sebagai Variabel Intervening. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 4(4), 01–21. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v4i4.3191

Nazar, M., & Tertia Salsabila. (2024). Pemanfaatan Potensi E-Commerce pada Peningkatan Keragaman Bisnis Lokal di Sulawesi Selatan; Perspektif Transformasi Digital. GIAT : Teknologi Untuk Masyarakat, 3(1), 25–37. https://doi.org/10.24002/giat.v3i1.9152

Nindyakirana, R. H., & Maftukhah, I. (2016). Membangun Emosi Positif melalui Promosi Penjualan dan Lingkungan Toko Dampaknya terhadap Impulse Buying. Management Analysis Journal, 5(4), 375–388.

Nurmelyani, N., Harahap, S., & Anas Azhar, A. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Cs Float Dalam Memperkenalkan Brand Image Di Kabupaten Labuhanbatu. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(11), 2653–2664. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i11.379

Pratiwi S, B., & Ristanti, V. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Non Bpjs di Klinik Abadi Jaya Depok. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 603–609.

Rasuli, M., Arifin, R., & Rahman, F. (1967). Pengaruh Layanan Toko Ritel, Keragaman Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Tidak Terencana (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Sardo Malang). Jurnal Riset Manajemen, 1(69), 5–24.

Rozi, I. A., & Khuzaini. (2021). Pengaruh Harga Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manaemen, 10, 1–20.

Sagala, F. S. A., & Lubis, N. W. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen di Lestari Bakery Cake and Shop Sidikalang. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(2), 2511–2521. https://ulilalbabinstitute.id/index.php/J-CEKI/article/view/7671%0Ahttps://ulilalbabinstitute.id/index.php/J-CEKI/article/view/7671/6085