Pengaruh Keterjangkauan dan Kenyamanan Terhadap Kepuasan Penggunaan Qris Oleh Gen-Z Dengan Efisiensi Transaksi Digital Sebagai Variabel Intervening

Main Article Content

Muh. Hadi Azwar Syam
Samsul
Ambo Asse
Nuraeni Gani
Kamaruddin

Abstract

Meningkatnya tren digitalisasi mendorong pelaku usaha, termasuk Startup lokal seperti Butik Rengganis, untuk memanfaatkan Website E-commerce sebagai sarana ekspansi pasar internasional. Sejak pengoperasian Website secara aktif, terlihat peningkatan penjualan dari berbagai negara seperti Singapura, Australia, hingga Inggris.Dalam prosesnya, masih ditemukan berbagai kendala teknis dan non-teknis, seperti keterbatasan SDM, promosi digital yang belum optimal, serta tantangan dalam pengelolaan logistik lintas negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan Website E-commerce dalam mendukung ekspansi pasar internasional pada Startup Butik Rengganis. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada pihak internal Butik Rengganis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Website Rengganis.id memberikan kontribusi signifikan dalam mendukung proses ekspor melalui kemudahan sistem pembayaran internasional seperti PayPal dan Xendit, penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa utama Website, serta layanan pelanggan yang cepat dan responsif. Selain itu, adanya penyesuaian produk terhadap permintaan konsumen internasional menjadi strategi adaptif yang mendorong loyalitas pasar luar negeri. Namun demikian, terdapat beberapa tantangan teknis seperti kendala pembayaran (payment pending) serta tantangan non-teknis seperti keterbatasan sumber daya manusia dan pengelolaan logistik.

Article Details

Section
Articles

References

Acosta-Vargas, Patricia, Belén Salvador-Acosta, Luis Salvador-Ullauri, and Janio Jadán-Guerrero. 2022. “Accessibility Challenges of E-Commerce Websites.” PeerJ Computer Science 8: 1–21.

Azzahra, Fathia afra annisa. 2024. “Pengaruh Penggunaan QRIS Dan GPN Terhadap Velocity of Money Di Indonesia.” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 15(1): 37–48.

Bafera, Julian, and Simon Kleinert. 2022. “Signaling Theory in Entrepreneurship Research: A Systematic Review and Research Agenda.” Entrepreneurship Theory and Practice 47: 2419–64. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:255246815.

Connelly, Brian, Trevis Certo, R Ireland, and Christopher Reutzel. 2022. “Signaling Theory: A Review and Assessment.” Journal of Management - J MANAGE 37: 39–67.

David, and Jonah. 2018. Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru Yang Akan Mengubah Dunia Kerja. Gramedia Pustaka.

Davis, Fred D. 1989. “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology.” MIS Quarterly: Management Information Systems 13(3): 319–39.

Evi, Tiolina. 2023. Transformasi Transaksi Tunai Ke Digital Di Indonesia. CV. AA. Rizky. https://books.google.co.id/books?id=gHfYEAAAQBAJ&dq=pengertian+efisiensi+transaksi+digital&lr=&source=gbs_navlinks_s.

Fikriyah, Dina. 2022. “Perbandingan Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Antara Bank Muamalat Cabang Makassar Dan Bank BSI Cabang Makassar Pannampu.” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Firmansyah, Deri. 2022. “Teknik Pengambilan Sampel Umum Dalam Metodologi Penelitian : Literature Review General Sampling Techniques in Research Methodology : Literature Review.” 1(2): 85–114.

Gaan, Niharika, and Yuhyung Shin. 2023. “Generation Z Software Employees Turnover Intention.” Current Psychology 42(31): 27344–59. https://doi.org/10.1007/s12144-022-03847-9.

Galvagno, Marco, Vincenzo Pisano, and Sonia M Strano. 2022. “Family Business Branding from a Signaling Theory Perspective: An Integrative Framework.” Journal of Product & Brand Management. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:253404154.

Handayani, T., and A. Novitasari. 2020. “Digital Wallet as a Transaction Media in the Community.” IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 879(1).

Handayani, Trie, and Sudiana Sudiana. 2022. “Analisis Penerapan Model UTAUT Terhadap Perilaku Pengguna Sistem Informasi (Studi Kasus: Sistem Informasi Akademik Pada Sttnas Yogyakarta).” Angkasa: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi 7(2): 165.

Hesmu, Brian. 2020. “Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pemeblian. Studi Pada Taman Joglo Semarang.” 2507: 1–9.

Ikhsan, Wandi Nur. 2022. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Serambi Kopi Pekanbaru.” Jurnal Bisnis Kompetitif 1(2): 190–95.

Imani, Nur, and Lathifah A. 2024. “Pengaruh Sistem Pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Terhadap Kepuasan Anggota Generasi Baru Indonesia Sulawesi Tengah (Genbi Sulteng).” 6(2): 117–26.

Isti, Pujihastuti. 2020. “Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian.” CEFARS : Jurnal Agribisnis Dan Pengembangan Wilayah 2(1).

Jamalova, Maral. 2024. “Cultural Values and Digital Gap: Overview of Behavioral Patterns.” PLoS ONE 19(10): 1–18. http://dx.doi.org/10.1371/journal.pone.0311390.

Jonathan, Sarwono. 2010. “Pengertian Dasar Structural Equation Modeling (SEM).” Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida 10(3): 98528.

Kasman. 2013. “E-Modul Geografi.” Direktorat SMA 53(9): 1689–99.

KBBI. “‘Efisiensi.’” Indonesia), KBBI (Kamus Besar Bahasa. https://kbbi.web.id/efisiensi (November 12, 2024).

Khasanah, N., & Oktiani, N. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Konsumen Terhadap Kepuasan Layanan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(3), 223–233. https://doi.org/10.62421/jibema.v1i3.20

Komang Erlita Agustina, and Lucy Sri Musmini. 2022. “Pengaruh Pengetahuan, Kemudahan Penggunaan, Dan Kredibilitas Terhadap Minat Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) (Studi Pada Generasi Z Di Provinsi Bali).” Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi 11(02): 127–37.

Laamanen, Merja, Tarja Ladonlahti, Hannu Puupponen, and Tommi Kärkkäinen. 2024. “Does the Law Matter? An Empirical Study on the Accessibility of Finnish Higher Education Institutions’ Web Pages.” Universal Access in the Information Society 23(1): 475–91. https://doi.org/10.1007/s10209-022-00931-6.

Laoli, Noverius. 2024. “BSI Gelar CEO Mengajar Di Makassar Dan Berikan Beasiswa Rp 5,5 Miliar.” Pressrelease.id. https://pressrelease.kontan.co.id/news/bsi-gelar-ceo-mengajar-di-makassar-dan-berikan-beasiswa-rp-55-miliar (October 27, 2024).

Lin, Yanxia et al. 2024. “Application of Kolcaba’s Comfort Theory in Healthcare Promoting Adults’ Comfort: A Scoping Review.” BMJ open 14(10): e077810.

Listiawati, Rodiana, Rahmanita Vidyasari, and Novitasari Novitasari. 2022. “QRIS Efficiency in Improving Digital Payment Transaction Services for Culinary Micro-Small and Medium Enterprises in Depok City.” Operations Research: International Conference Series 3(2): 67–73.

Makassar, Pemerintah Kota. “Geografis.” https://makassarkota.go.id/geografis-2/#:~:text=Kota Makassar memiliki topografi dengan,sampai dengan 29°C. (December 28, 2024).

Masnidar, Leni. 2022. “Statistik Deskriptif.” Journal of the American Chemical Society 77(21): 5472–76.

Masuku, D., Joesah, N., & Kusuma, A. B. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu Pengiriman Barang Terhadap Kepuasan Pelanggan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(3), 208–222. https://doi.org/10.62421/jibema.v1i3.19

Maylina, Deti, and Ade Sofyan Mulazid. 2018. “Analisis Pengaruh Service Quality , Customer Relationship Management Dan Keunggulan Produk Abstract Analysis Of Effect Of Service Quality , Customer Relationship Managemnet And Advantages Of Saving.” Islamadian, Jurnal Pemikiran Islam 19(1): 89–106.

Medica, Politeknik et al. 2020. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.

Mills, Wtight C. 2000. The Sociological Imagination. Columbia: Oxford University Press.

Momani, Alaa M. 2020. “The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology: A New Approach in Technology Acceptance.” International Journal of Sociotechnology and Knowledge Development 12(3): 79–98.

Nabila, Laili Nurin, Fahrizal Putra Utama, Alif Ahya Habibi, and Ifa Hidayah. 2023. “Aksentuasi Literasi Pada Gen-Z Untuk Menyiapkan Generasi Progresif Era Revolusi Industri 4.0.” Journal of Education Research 4(1): 28–36.

Prasetyo, Y. M. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Kaizen, dan Kesejahteraan Terhadap Kepuasan Kerja. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(1), 77–86. https://doi.org/10.62421/jibema.v1i1.8

Safrila, A., & Oktiani, N. (2024). Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Kerja. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(1), 35–49. https://doi.org/10.62421/jibema.v2i1.51

Solihin, D., & Kurniawan. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(2), 129–141. https://doi.org/10.62421/jibema.v2i2.79

Syahdina, A., Febriani, F. A., Melani, N. ., Airafaras, T. ., Prayudi, R. A. ., Arifien, M. R. ., & Abdulbar, H. . (2025). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(1), 26–35. https://doi.org/10.62421/jibema.v3i1.140