Analisis Kualitas Butir Soal Prinsip-Prinsip dan Konsep Akuntansi serta Perbankan Dasar Menggunakan Software Anates

Main Article Content

Erlinda Nur Fadillah
Luqman Hakim
Vivi Pratiwi
Nur Dwi Kholifatu Rohmah
Nadya Aprillia Putri
Btary Quinnina Azzahra
Anggita Permadani Assufi Nur Najwa
Ernezha Putri Pariarzha
Zebina Fataturrohmah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas butir soal berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada mata pelajaran Prinsip-Prinsip dan konsep Akuntansi serta Perbankan Dasar menggunakan software Anates versi 4.0. Instrumen terdiri atas 63 butir soal yang dikembangkan oleh tujuh anggota kelompok dan diuji cobakan kepada 36 responden. Analisis dilakukan terhadap beberapa aspek, yaitu validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Hasil penelitian menunjukkan nilai reliabilitas sebesar 0,97, menandakan konsistensi tes yang sangat tinggi. Dari 63 butir soal, 46 soal dinyatakan valid dan 17 perlu revisi. Berdasarkan tingkat kesukaran, mayoritas soal tergolong mudah hingga sedang, sementara dari aspek daya pembeda, 68,26% soal berada pada kategori baik hingga sangat baik. Secara umum, terdapat 32 butir soal layak digunakan tanpa revisi, 23 soal layak dengan perbaikan, dan 8 butir soal perlu diperbaiki secara menyeluruh. Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan software Anates efektif dalam membantu guru atau pengembang instrumen untuk mengevaluasi kualitas butir soal secara objektif dan sistematis, sehingga dapat menghasilkan alat ukur yang valid, reliabel, dan sesuai dengan karakteristik soal HOTS.

Article Details

Section
Articles

References

Alpusari, M. (2014). Analisis Butir Soal Konsep Dasar IPA 1 Melalui Penggunaan Program Komputer Anates Versi 4.0 For Windows. 3, 106–115.

Anandayu, R., & Muslim, A. B. (2021). Pengembangan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Daring Bahasa Inggris Promoting Higher-Order Thinking Skills in English Online Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(3), 110–121.

Arif, M. (2014). Penerapan aplikasi anates bentuk soal pilihan ganda. Jurnal Ilmiah Edutic, 1(1), 1–9.

Augustia, A. D., Agustia, C. N., Azzahra, D., Hakim, L., & Pratiwi, V. (2025). Analisis Validitas dan Reliabilitas Soal Pilihan Ganda dengan Menggunakan Software Anates pada Mata Pelajaran Perpajakan. Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 5(1), 250–265.

Azmi, Q. L., & Fanani, U. Z. (2024). Analisi Tingkat Kesulitan Level Kognitif Pada Soal Penilaian Sumatif Bahasa Mandarin Kelas XI SMA SEMEN GRESIK Tahun Ajaran 2023/2024. XX(Xx).

Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda dan fungsi Distaktor. Al-Manar, 8, 37–64.

Firandhika, A., Apriliyanti, K. D., Saputri, A. K. A., Hakim, L., & Pratiwi, V. (2024). Analisis Butir Soal HOTS Pilihan Ganda Pada Elemen Komputer Akuntansi Di SMKN 10 Surabaya Menggunakan Aplikasi Anates. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(1), 727–738.

Fitria, R. A. S., Sari, C. A., Pratiwi, V., & Hakim, L. (2024). Analisi Butir Soal Pilihan Ganda Elemen Profil Pekerjaan / Profesi dan Peluang Usaha di Bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga Menggunakan Aplikasi Anates. 8, 50966–50973.

Fuadiy, M. R. (2021). Evaluasi Pembelajaran Sebuah Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Islam, 3.

Halim, F. Y., & Wahyuningsih, R. (2025). Pengaruh Bar Model Terhadap Penguasaan Konsep , Berpikir Logis , dan Keterampilan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas III SD Sekolah XYZ di Jakarta Utara. JIIP (Jurnal Ilmu Ilmiah Pendidikan), 8, 5067–5074.

Hidayat, R., & Sesmiarni, Z. (2025). Evaluasi Pengembangan Kurikulum PAI di Sekolah dan Madrasah. 9(20), 18430–18435.

Ikhsaniyah, S. N., Kurnia, A. D., Zuroida, M., Pratiwi, V., & Hakim, L. (2024). Analisis Butir Soal Perpajakan PPH Pasal 21 Menggunakan Software Anates pada Pendekatan Teori Tes Klasik. PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi, 12(2).

Khumaira, R., Ramadan, R. R., Khairunnisa, S., Jannah, M., & Marhadi, H. (2024). Analisis Daya Beda pada Soal Tes Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SDN 136 Pekanbaru. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisiplin, 8(5), 533–540.

Listyowati, I. (2025). Analisis Butir Soal Multiple Choice Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 4 di SDN Bareng 5 Jombang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8, 3968–3976.

Markhamah, N. (2021). Pengembangan Soal Berbasis HOTS ( Higher Order Thinking Skills ) pada Kurikulum 2013. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 385–418.

Masruri, F. B., Farila, F. N., Putri, M. A., & Pratiwi, V. (2024). Artikel Optimasi Evaluasi Pembelajaran : Analisis Butir Soal Pilihan Ganda dengan Aplikasi Anates. 8, 49618–49628.

Nuranisa, W., Lailiyah, Z. N., Daud, N., Henery, C., Hakim, L., Arif, A., & Surabaya, U. N. (2025). Analisis Butir Soal Elemen Prinsip-Prinsip dan E Kelas X AKL SMK Menggunakan Aplikasi Anates Versi 4.0.9. 07(1), 291–309.

Nurhalimah, S., Hidayati, Y., Rosidi, I., & Hadi, W. P. (2022). Hubungan antara Validitas Item dengan Daya Pembeda dan Tingkat Kesukaran Soal Pilihan Ganda PAS. Jurnal Natural Science Educational Research, 4(3), 249–257.

Purwati, L. M., Arianty, R., Syakilah, D. M., Ridlo, S., & Susilaningsih, E. (2021). Analisis Soal Tes Pilihan Ganda Berbasis Higher Order Thinking Skill menggunakanAplikasi Anates Windows Versi 4.0.9 For Windows. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 15, 460–473.

Puteri, N. D., Arsyanti, K., Putricia, N. D., Hakim, L., & Pratiwi, V. (2025). Analisis Kelayakan Butir Soal Pada Handout Akuntansi Keuangan Dana Kas Kecil Berbasis E-Book Menggunakan Software Anates. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(3), 205–214.

Rachmadani, F. C., Lestari, C. D., Hakim, L., & Pratiwi, V. (2024). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda pada Elemen Akuntansi Keuangan Guna Mengoptimasi Evaluasi Menggunakan Anates V4.0. Jurnal Nirta : Studi Inovasi, 4, 1–18.

Ramadhan, W., Malahati, F., Romadhon, K., & Ramadhan, S. (2023). Analisis Butir Soal Tipe Multiple Choice Questions pada Penilaian Harian Sekolah Dasar. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), 93–105.

Sabela, O. R., Krisdayanty, D., Taqqiyah, A. Z., Hakim, L., & Pratiwi, V. (2025). Analisis Butir Soal HOTS Elemen Dokumen Berbasis Digital (FASE E) Menggunakan Program Anates. Education Achievment: Journal of Science and Research, 6(1), 251–262.

Saputra, I. A. G., Hakim, L., Pratiwi, V., Rohayati, S., Wahjudi, E., & Farid, M. M. (2025). Pelatihan Analisis Butir Soal Berbasis ANATES untuk Meningkatkan Kualitas Evaluasi Pembelajaran Guru MGMP Akuntansi. Madaniya, 6(3), 1288–1297.

Siregar, N. H., Remiswal, & Khadijah. (2024). Analisis Butir Soal Ujian Tengah Semester Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 179–189.

Siregar, S. R. N., Luckytasari, A., Ariani, A., Hakim, L., & Pratiwi, V. (2024). Analisis Soal Hots Pada Isu Serta Perkembangan Terkini Akuntansi Keuangan Fase E SMK Menggunakan Aplikasi Anates. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(1), 1386–1395.

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Evaluasi Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif : Sebuah Studi Pustaka. Journal of Education Research, 5(4), 5599–5609.

Syafiriya, D. M., & Hakim, L. (2024). Analisis Butir Soal HOTS untuk Menguji Pemahaman Siswa SMK Jurusan Akuntansi Menggunakan Software Anates. 4(1).