PENGARUH PROFITABILITAS, AKTIVA TIDAK BERWUJUD, UKURAN PERUSAHAAN DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Main Article Content

Budi Leksono
Jaka Waskito
Yuni Utami

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam melakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris me­ngenai pengaruh profitabilitas terhadap nilai Perusahaan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh aktiva tidak berwujud terhadap nilai Perusahaan, untuk me­ng­analisis dan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh uku­ran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Untuk meng­ana­lisis dan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan. Untuk menganalisis dan mem­berikan bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas, aktiva tidak berwujud, ukuran perusahaan dan struktur modal secara bersama-sama terhadap nilai perusahaan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis parsial, uji hipotesis simultan, dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh profitabilitas terhadap nilai Peru­sahaan, tidak terdapat pengaruh aktiva tidak berwujud terhadap nilai Perusahaan, terdapat pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan, terdapat pengaruh struktur modal terhadap nilai Perusahaan, terdapat pengaruh profitabilitas, aktiva tidak ber­wu­jud, ukuran perusahaan dan struktur modal secara bersama-sama terhadap nilai perusahaan.

Article Details

Section
Articles

References

Abadiah, T. M., Hidayati, N., & Mawardi, M. C. (2017). Analisis Pengaruh Aset Tidak Berwujud dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Terhadap Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2015). e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 6(04).
Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2013). Fundamentals of financial management. South-Western Cengage Learning.
Dewi, A. A. A. K., & Badjra, I. B. (2017). Pengaruh profitabilitas, aktiva tidak berwujud, ukuran perusahaan, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan (Doctoral dissertation, Udayana University).
Dewi, F. L., Susyanti, J., & Salim, A. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Aset, Profitabilitas dan Pajak Penghasilan Badan Terhadap Struktur Modal (Studi Kasus pada Perusahaan Kosmetik Yang Terdaftar Di BEI tahun 2013-2017). E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 8(4).
Halim, A. (2015). Manajemen keuangan bisnis: Konsep dan aplikasi.
Hermuningsih, S. (2013). Pengaruh profitabilitas, growth opportunity, struktur modal terhadap nilai perusahaan pada perusahaan publik di Indonesia. Bulletin of Monetary Economics and Banking, 16(2), 127-148. https://doi.org/10.21098/bemp.v16i2.27
Marfuah, S. A., & Nurlaela, S. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Asset, Profitabilitas Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal Perusahaan Cosmetics And Household Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 18(01). http://dx.doi.org/10.29040/jap.v18i01.81
NARESWARA, P. V., & Lukiastuti, F. (2021). Pengaruh Aset Tidak Berwujud Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Bank Syariah Tahun 2017–2019 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia) (Doctoral dissertation, STIE Bank BPD Jateng).
Riyanto, B. (1993). Dasar-dasar pembelanjaan perusahaan.
Soraya, L., & SYAFRUDDIN, M. (2013). Pengaruh Nilai Aset Tidak Berwujud dan Penelitian dan Pengembangan Terhadap Nilai Pasar Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2010) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).