HUBUNGAN ORIENTASI PASAR, INOVASI PRODUK DAN KREATIVITAS STRATEGI PEMASARAN
Main Article Content
Abstract
Penilaian kinerja pemasaran sangat penting bagi keberhasilan suatu perusahaan. Fenomena kinerja pemasaran mengalami instabilitas di pemasarannya. Volume pemasaran mempunyai hubungan terhadap orientasi pasar, inovasi dan kreativitas strategi pemasaran. Suatu perusahaan akan melakukan orientasi pasar untuk memasarkan produknya, inovasi juga dilakukan suatu perusahaan dalam tingkat pemasaran, untuk mengenalkan produk-produknya. Kreativitas strategi pemasaran sangat di perlukan dalam sistem perusahaan karenanya suatu perusahaan akan selalu terus meningkatkan kinerja pemasaran. Sampel penelitian pada perusahaan sarung tenun berjumlah 100 responden. Metode data yaitu dengan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi sederhana. Hubungan antara orientasi pasar, inovasi produk dan kreativitas strategi pemasaran positif dan kuat terhadap kinerja pemasaran
Article Details
References
Elwisam, E., & Lestari, R. (2019). Penerapan strategi pemasaran, inovasi produk kreatif dan orientasi pasar untuk meningkatkan kinerja pemasaran UMKM. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 277-286.
HAMIM, M. (2021). Hubungan Orientasi Pasar, Inovasi, Dan Kreativitas Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Pt. Rimatek Putra Nusantara Kabupaten Pemalang (Doctoral dissertation, Universitas Pancasakti Tegal).
Harini, S., Silaningsih, E., & Putri, M. E. (2022). Pengaruh orientasi pasar, kreativitas dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 6(1), 67.
Merakati, I., Rusdarti, R., & Wahyono, W. (2017). Pengaruh orientasi pasar, inovasi, orientansi kewirausahaan melalui keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran. Journal of Economic Education, 6(2), 114-123.
Methasari, M., Kurniawan, G., & Sidik, A. R. (2018). Analisis Orientasi Pasar, Inovasi Dan Kreativitas Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Umkm Di Kabupaten Madiun. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 8(2). https://doi.org/10.33005/jdg.v8i2.1192
Tejawulan, G. N. (2021). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus GoJek). Journal of Economics and Business Aseanomics, 6(2), 94-110